Mahfud MD: Penyaluran Bansos Akan Terus Kita Awasi

Erfan Maaruf, iNews · Kamis 29 Juli 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2448110 mahfud-md-penyaluran-bansos-akan-terus-kita-awasi-cIqx6QG3Ea.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: istimewa)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menggelar dialog interaktif dengan tiga organisasi keagamaan Indonesia. Mahfud menyebut akan menampung semua masukan masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19.

Mahfud mengatakan bahwa dialog tiga agama dilakukan oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin). Dalam penyaluran bantuan sosial, Mahfud akan melakukan pengawasan.

“(Penyaluran) bansos akan terus kita awasi,” kata Mahfud MD dalam keterangannya, Kamis (29/7/29/2021).

Mahfud juga memberikan informasi bahwa penggunaan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 masih belum maksimal. Bahkan sejauh ini mayoritas pemerintah daerah baru 20 persen saja yang digunakan.

“Sebelum kita ke sini ada rapat, salah satu keluhan dan catatan Presiden yang disampaikan kepada menteri-menteri, bahwa anggaran covid sampai akhir Juli ini belum ada yang serap lebih dr 20 persen, ini sudah akhir Juli jadi baru sedikit sekali. Makanya kita sedang cari bagaimana mengatasi ini,” tambahnya.

Baca juga: Satgas BLBI Dilantik, Mahfud MD: Harus Segera Ditindaklanjuti Tindakan Nyata

Hal itu dikatakan Mahfud setelah mendapat masukan dari Ketua Umum Dewan Rohaniawan/Pengurus Pusat Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Xs Budi S Tanuwibowo yang meminta agar pemerintah agar lebih perhatian terhadap penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Baca juga: Gandeng Tokoh Agama, Mahfud MD Ingin Pandemi Covid-19 Dihadapi dengan Tenang

Menurutnya, jangan sampai ada oknum tertentu yang memanfaatkan situasi sulit ini untuk keuntungan pribadi.

“Soal bansos, kita bersyukur dimana-mana ada donatur baik hati yang menyumbang, tapi kami mohon Pak Menko agar jangan sampai ada kebocoran. Apalagi Bu Mensos sampai marah-marah ya. Ya karena di dunia ini banyak malaikat tapi banyak pula setannya yang tega melihat penderitaan rakyat,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Walubi Siti Hartati Murdaya mengajak semua pihak untuk tidak panik dan berpikir positif bahwa wabah virus corona bisa diatasi. Kuncinya adalah kebersamaan.

Bahkan ia menyampaikan bahwa tetangga sekitar rumahnya banyak yang terjangkit virus Covid dapat segera pulih karena peran aktif tetangganya yang ikut membantu mereka untuk sembuh.

“Banyak tetangga saya yang terkena covid, tapi semua diperhatikan dan dikeroyok dengan diberikan obat-obatan, 4 sampai 5 harus sudah negatif,” kata Siti Hartarti.

Baca juga: Kemendikbudristek Anjurkan Sekolah Lakukan Asesmen secara Berkala

Siti Hartarti Murdaya juga mengapresiasi kerja keras pemerintah pusat dan seluruh jajaran dan instansi terkait yang telah berupaya menanggulangi pandemi Covid-19.

“Intinya terima kasih saya bangga kepada pemerintah. Semoga semangat ini dilanjutkan dan masyarakat tidak terlalu khawatir, ini pasti ada jalan keluarnya,” jelasnya.

Baca juga: Kemendikbudristek : Pelaksanaan PJJ Harus Menyenangkan

Sementara itu, Ketua PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya menegaskan PDHI sedang fokus membantu masyarakat yang sedang kesulitan akibat pandemi covid 19.

"PDHI selalu bekerjasama dengan pemerintah khususnya terkait perilaku hidup bersih dan sehat serta terkait peribadatan sesuai prosedur yang telah ditentukan pemerintah," ujar Wisnu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini