Megawati "Sentil" Daerah yang Sangat Lambat Tangani Bencana

Felldy Utama, iNews · Kamis 29 Juli 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2448069 megawati-sentil-daerah-yang-sangat-lambat-tangani-bencana-imzjqhPnrF.jpg Megawati Soekarnoputri (Foto: Okezone )

JAKARTA - Presiden Kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengkritik masih banyak daerah di Indonesia yang sangat lamban dalam menangani bencana alam di Indonesia.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri pembukaan rapat koordinasi pembangunan nasional (Rakorbangnas) Badan Meteorologi, Klimatalogi, dan Geofisika (BMKG) yang digelar secara virtual, Kamis (29/7/2021).

"Jadi di daerah sampai saat ini mohon maaf daerah itu sangat lambat sekali," kata Megawati dalam paparannya.

Baca Juga:  Cerita Megawati Bangga Jadi Pimpinan Partai Sandal Jepit

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu menduga penanganan yang sangat lambat ini lantaran pemerintah di daerah dalam menetapkan kebijakannya tidak memprioritaskan penanganan bencana alam menjadi hal yang utama. Sehingga, ketika dihadapkan sebuah bencana, Pemda tersebut dinilai sangat gapap.

"Mungkin masih dalam pola pikir bahwa ah bencana itu tidak selalu terjadi setiap hari, jadi tidak ada rutinnya," ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Pilpres 2024, PDIP "Tes Ombak" Pasang Baliho Puan Maharani di Surabaya

Padahal, kata dia, ketika dihadapkan bencana, maka hal itu bisa menimbulkan korban jiwa. Tak hanya itu, juga berdampak pada sektor-sektor lainnya.

"Sehingga oleh sebab itu, daerah itu mau tidak mau atau memang harus ada alokasi dana untuk bencana. Tidak bisa lagi menunggu," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini