Ketua Satgas Tegaskan Pengendalian Covid-19 di Hulu Sampai Hilir Harus Terintegrasi

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 29 Juli 2021 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2447880 ketua-satgas-tegaskan-pengendalian-covid-19-di-hulu-sampai-hilir-harus-terintegrasi-xvxaaHQuiQ.jpg Ketua Satgas Covid-19, Ganip Warsito (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito menegaskan dalam pengendalian Covid-19 di hulu sampai hilir harus terintegrasi.

Ganip menegaskan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di daerah harus menjadi ujung tombaknya.

“Antara penanganan di hulu dan di hilir ini harus kolaboratif. Harus menjadi satu rangkaian penanganan Covid-19 yang terintegrasi dengan baik,” tegas Ganip dalam keterangan yang diterima, Kamis (29/7/2021).

Adapun implementasinya, PPKM Mikro yang berada di sektor hulu harus menjadi ujung tombak dalam pengendalian Covid-19 dengan melakukan empat fungsi mulai dari pencegahan, pembinaan, pengamanan dan dukungan.

“Hulu harus menjadi garda terdepan. Harus dilakukan oleh Posko PPKM Mikro di tingkat desa dan kelurahan, yang melaksanakan empat fungsi, yakni fungsi pencegahan, fungsi pembinaan, fungsi pengamanan dan fungsi dukungan,” jelas Ganip.

Ganip kembali mengingatkan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pembawa atau perantara virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 adalah manusia.

Ganip juga menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada manusia yang kebal terhadap Covid-19. “Virus itu yang membawa manusia,” jelas Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

“Tidak ada seorangpun yang kebal terhadap Covid-19,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini