Menko PMK: Informasi BMKG Bisa Jadi Dasar Memutuskan Kebijakan

Felldy Utama, iNews · Kamis 29 Juli 2021 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2447816 menko-pmk-informasi-bmkg-bisa-jadi-dasar-memutuskan-kebijakan-RCi46rrkhW.jpg Menko PMK Muhajir Effendi.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap informasi yang diberikan BMKG bisa menjadi dasar bagi semua pihak dalam mengambil atau memutuskan sebuah kebijakan.

Muhadjir mengatakan, secara umum dapat disimpulkan bahwa betapa strategis dan vitalnya peranan dari BMKG dalam pembangunan Indonesia, khususnya dalam pembangunan sumber daya manusia.

Senada dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia memandang bahw menjadi keharusan bagi BMKG untuk bisa menempatkan dirinya sebagai acuan dari berbagai pihak, baik instansi, lembaga swasta, maupun masyarakat, terutama pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Baca Juga: Menko PMK: Tak Boleh Ada Vaksin Tertahan di Gudang, Segera Habiskan

"Saya kira sudah waktunya untuk menjadikan informasi dari BMKG sebagai dasar untuk mengambil kebijakan," kata Muhadjir dalam sambutannya di acara pembukaan rapat koordinasi pembangunan nasional (Rakorbangnas) BMKG. Forum tersebut digelar secara virtual, Kamis (29/7/2021).

Dia mengatakan bahwa sudah sejak lama masyarakat menyaksikan acara di stasiun televisi nasional informasi tentang ramalan cuaca dari BMKG. Namun, ia menekankan agar ramalan cuaca itu bisa berguna bagi semua pihak.

"Masalahnya adalah bermakna kah informasi ramalan cuaca yang sudah sejak dahulu kita dapatkan dan sampai saat ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Muhadjir mendorong BMKG untuk membangun sinergi dengan semua pihak untuk memberikan pelayanan informasi dan data yang akurat.

Serta tanggung jawab BMKG untuk menjelaskan makna di balik informasi dan kepada siapa informasi itu ditujukan.

"Oleh sebab itu, saya rasa apa yang disampaikan bapak presiden adalah sesuatu catatan yang sangat penting untuk kita semua, agar kita bisa betul-betul menempatkan kinerja bmkg dengan segala output resault maupun impactnya di dalam posisi yang strategis, posisi yang vital, sehingga menjadi acuan bagi siapa saja dalam membuat kebijakan," tutur dia melanjutkan.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini