Wapres: Limbah Covid-19 Harus Ditangani, Jangan Jadi Sumber Penularan Baru

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 29 Juli 2021 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 337 2447672 wapres-limbah-covid-19-harus-ditangani-jangan-jadi-sumber-penularan-baru-PffyDkxfhx.jpg Wapres Ma'ruf Amin.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak ingin limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) infeksius Covid-19 menjadi sumber penularan baru virus ini. Karena itu, pengelolaannya harus dilakukan dengan baik dan serius.

Hal tersebut dikatakan Wapres pada Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui konferensi video, Rabu 28 Juli 2021.

Wapres menyampaikan sesuai dengan pembahasan pada rapat terbatas bersama Presiden Jokowi tentang Pengelolaan Limbah B3 Medis Covid-19, diperlukan penanganan serius dan langkah-langkah konkret untuk menangani ini.

Baca Juga: Gawat! Limbah Medis Covid-19 Capai 18.460 Ton, Berbahaya dan Beracun

“Masalah limbah B3. Limbah ini menjadi persoalan karena ini juga menjadi masalah baru di dalam rangka kita memutus penularan. Jangan sampai limbah ini juga menjadi sumber penularan baru. Sehingga perlu ditangani dengan serius,” ujar Wapres dikutip dari rilis Setwapres, Kamis (29/7/2021).

Wapres menjelaskan saat ini di bawah koordinasi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan sedang dilakukan pembahasan yang lebih mendalam untuk menentukan langkah-langkah teknis lebih lanjut.

Untuk itu, Wapres meminta Pemerintah Provinsi DIY dapat berperan aktif dalam membuat formulasi langkah-langkah penanganan limbah B3 serta melakukan koordinasi di tingkat daerah dan dengan pemerintah pusat terkait hal-hal teknis lainnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini