Kebijakan Makan di Warung 20 Menit yang Tuai Beragam Komentar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 29 Juli 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 337 2447579 kebijakan-makan-di-warung-20-menit-yang-tuai-beragam-komentar-AZ40OLXmbD.jpg Peraturan makan di warung dibatasi 20 menit tuai beragam komentar. (Ilustrasi/Sindo)

PEMERINTAH kembali memperpanjang kebijakan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021. Pada PPKM Level 4 ini, terdapat aturan baru dari pemerintah yang memberikan batas waktu selama 20 menit untuk makan di warung atau restoran. Lantas, bagaimana komentar berbagai tokoh terkait aturan baru ini? Berikut rangkumannya.

Dalam pernyataannya, Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta agar pemerintah bisa memberikan penjelasan rinci soal kebijakan ini. Tujuannya agar tidak berdampak pada penurunan kepercayaan masyarakat pada pemerintah.

"Kalau ini dibiarkan tanpa penjelasan dan akhirnya hanya menjadi lelucon di tengah masyarakat, saya khawatir ini justru akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," ujar Puan dalam cuitannya pada 27 Juli 2021 lalu.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap masyarakat bisa memahami pentingnya pemberlakukan pembatasan waktu saat makan di suatu tempat. "Saya kira tolong masyarakat bisa memahami kenapa perlu ada batas waktu (makan) tersebut. Prinsipnya saya kira 20 menit cukup bagi kita untuk makan di suatu tempat," kata Tito. (Konferensi pers Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 25 Juli 2021)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga berharap agar aturan ini bisa diterapkan dengan baik. "Dengan batas waktu dine in 20 menit, (restoran) harus siapkan secara cepat dan memastikan agar tidak melanggar 20 menit yang ditentukan," kata Sandiaga, Senin (26/7/2021).

Sementara, gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berkomentar bahwa esensi dari kebijakan ini adalah memastikan agar masyarakat dapat meminimalisir interaksi yang dapat memicu penyebaran virus. "Jadi buat saya bukan soal 10 menit, 20 menit, 30 menit. Tapi soal sesedikit mungkin berinteraksi yang berpotensi terhadap penularan, "ujar Anies, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga : Makan Pecel Lele 20 Menit, Wali Kota Bogor: Seperti Kesiangan Sahur

Sementara itu, Riza berkomentar: "Kebijakan ini diambil untuk memastikan masyarakat agar tidak berlama-lama di rumah makan, di warteg, supaya tidak dapat menimbulkan penularan," ujarnya di Balai Kota, Selasa (27/7/2021).

Beberapa public figure juga mengomentari kebijakan ini. Di antaranya musisi Fiera Besari :"Aku ketika tahu boleh dine in tapi cuma 20 menit: Doakan saya ya. Saya pasti bisa," cuitnya (Twitter, Senin, 26 Juli 2021).

Lanjutnya, adapula aktris Olga Lydia yang juga turut berkomentar terkait hal ini. Melalui tulisannya di Twitter pada 28 Juli 2021, wanita 44 tahun tersebut mengutarakan bahwa memang sebaiknya tidak perlu makan di tempat. Membeli makan di warung makan atau restoran dengan membungkus akan membantu pula menyelamatkan ekonomi. (Diolah berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini