TNI AL Kirim 2 Kapal Oksigen ke Semarang dan Surabaya

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 28 Juli 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 337 2447386 tni-al-kirim-2-kapal-oksigen-ke-semarang-dan-surabaya-yWn1ErjPPl.jpg Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono. (Foto : MNC Portal/Refi Sandi)

BOGOR - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menegaskan, TNI AL akan terus mendukung pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19.

Heri menyebut selain menggelar serbuan vaksinasi massal secara masif kepada seluruh masyarakat maritim hingga pesisir, TNI AL mengirim dua kapal perang atau KRI jenis kapal rumah sakit yang secara khusus memiliki kemampuan mengisi ulang oksigen. Tak lain untuk mengatasi kekurangan oksigen bagi rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun dua kapal TNI AL yang saat ini telah dipersiapkan adalah KRI dr Soeharso-990 yang berada di bawah kendali Koarmada II dan KRI Semarang-594 yang berada di bawah kendali Koarmada I.

"Hari ini KRI dr Soeharso menuju ke Semarang dari Surabaya untuk membantu daerah Jawa tengah, yang menurut datanya di sana sangat kekurangan oksigen. Kemudian untuk KRI Semarang hari ini berangkat ke Surabaya," ujar Laksmana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono ketika meninjau serbuan vaksinasi TNI AL di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga : Breaking News : Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 47.791

Heri menjelaskan, KRI dr Soeharso-990 memiliki kemampuan untuk melakukan isi ulang oksigen hingga 150 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam. Sementara KRI Semarang-594 mampu melakukan isi ulang sebanyak 75 ribu liter oksigen dalam waktu 24 jam.

"Harapan kita ini dapat membantu daerah-daerah yang kekurangan oksigen. Rencananya kapal-kapal ini akan mobile. Artinya jika sewaktu-waktu daerah lain ada yang membutuhkan, dua kapal rumah sakit kita akan membantu," tuturnya.

Sebelumnya, Wakasal didampingi Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid dan jajaran pejabat utama Markas Besar TNI AL meninjau serbuan vaksinasi di Komplek TNI AL Sukamanah, Jonggol pagi tadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini