Suap Bansos Covid-19, Mantan Mensos Juliari Batubara Dituntut 11 Tahun Penjara

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 28 Juli 2021 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 337 2447277 suap-bansos-covid-19-mantan-mensos-juliari-batubara-dituntut-11-tahun-penjara-o8DRTbIdhY.jpg Mantan Mensos Juliari Batubara dituntut 11 tahun penjara.(Foto:Okezone)

JAKARTA - Mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dituntut 11 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, jaksa juga menuntut Juliari untuk membayar denda sejumlah Rp500 juta subsidair enam bulan kurungan.

Jaksa meyakini Juliari terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Juliari diyakini menerima suap dari sejumlah pengusaha penggarap proyek pengadaan Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Mensos Juliari Batubara Bisa Korupsi Bansos Covid-19

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 12 huruf b Juncto Pasal 18," kata Jaksa KPK, Nur Azis saat membacakan surat tuntutan untuk Juliari Batubara secara virtual, Rabu (28/7/2021).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 11 tahun dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dan denda sebesar Rp500 juta subsidair enam bulan kurungan," imbuhnya.

Dalam melayangkan tuntutan, jaksa mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan maupun meringankan. Hal-hal yang memberatkan tuntutan terhadap Juliari yakni, karena perbuatannya selaku Menteri Sosial tidak mendukung program pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dari kolusi, korupsi, dan nepotisme.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini