Satgas Covid-19: Daerah yang Terapkan PPKM Nonlevel 4 Jangan Merasa Aman

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 27 Juli 2021 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 337 2446957 satgas-covid-19-daerah-yang-terapkan-ppkm-nonlevel-4-jangan-merasa-aman-iWy1QpKcWo.jpeg Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat di wilayah yang tidak masuk PPKM level 4 jangan merasa aman. Jika angka kasus melonjak maka daerah tersebut akan jatuh ke level 4.

"Jangan merasa aman hanya karena tidak berada di level 4. Justru apabila tidak dijaga dengan baik kasus di wilayah Anda akan meningkat dan berpotensi masuk ke level 4," katanya, Selasa (27/7/2021).

Wiku tidak ingin pemberlakuan PPKM berlevel membuat daerah yang tidak masuk level 4 menjadi lengah. Pemerintah daerah (pemda) harus benar-benar memerhatikan perkembangan kasus corona di daerahnya masing-masing sehingga bisa mengantisipasi jika ada lonjakan kasus.

"Kita tidak boleh lengah dengan status kebijakan yang diimplementasikan di wilayah kita masing-masing. Saya mohon kepada seluruh pemerintah daerah untuk mencermati status wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Wiku menjelaskan, pemerintah tidak bisa begitu saja membuka sektor sosial-ekonomi di tengah kenaikan kasus Covid-19. Karena itulah PPKM berlevel diperpanjang untuk melihat penurunan kasus yang terjadi berlangsung dengan konsisten.

"Selama perpanjangan PPKM ini untuk gubernur provinsi Jawa-Bali terus pertahankan penurunan kasus yang sudah terjadi selama satu Minggu dan jangan sampai meningkat lagi di Minggu ini. Terus tingkatan penanganan kasus utamanya pada pasien di ruang isolasi, intensif, dan IGD agar kematian dapat menurun," tuturnya.

Baca Juga : Mulai Besok, Vaksinasi Covid-19 Hadir di 4 Stasiun KRL

Di lain pihak, ia melanjutkan, untuk gubernur provinsi non-Jawa-Bali utamanya pada lima provinsi penyumbang kasus tertinggi, jangan sampai lengah. "Sekali lagi jangan lengah terus lakukan penanganan Covid-19 sebaik mungkin," kata Wiku.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini