Kabaharkam Ingatkan Polisi di Lapangan Tak Arogan Saat Tegakkan Protokol Kesehatan ke Warga

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 27 Juli 2021 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 337 2446740 kabaharkam-ingatkan-polisi-di-lapangan-tak-arogan-saat-tegakkan-protokol-kesehatan-ke-warga-DYJoivRTmA.jpg Seorang petugas mengingatkan pemuda yang tak memakai masker. Kabaharkam Polri, Komjen Arief Sulistyo meminta polisi di lapangan tak arogan saat menegakkan prokes ke warga.(Foto:dok Okezone)

JAKARTA - Kabaharkam Polri, Komjen Arief Sulistyanto, mengingatkan anggota polisi di lapangan untuk tidak bersikap arogan saat menegakan protokol kesehatan (prokes) ke warga.

"Dilakukan pada komunitas level terkecil, penegakan prokes dilakukan dengan cara humanis, hindari cara arogan," kata Arief kepada wartawan, Jakarta, Selasa (27/7/2021).

Salah satunya, kata Arief adalah ketika menertibkan prokes di lingkungan pasar. Sebab itu, Ia menyebut, harus ada koordinasi dengan Pemda setempat agar transaksi jual beli di pasar saat PPKM Level 4 bisa berjalan sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga: Menko Luhut: 60% Masyarakat Patuh Protokol Kesehatan Sudah Luar Biasa

"Koordinasi dengan Pemda dan Dinas Pasar. Lakukan pengurangan jumlah pedagang di pasar lalu dibuatkan atau usulkan lokasi perluasan di luar pasar hingga pengaturan parkir," ujar Arief.

Selain itu, Arief menyatakan agar jajarannya memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan 4 pilar di PPKM Mikro. Diantaranya adalah, pembentukan tracer untuk laksanakan tracing sekaligus melaksanakan sosialisasi atau edukasi prokes dan memastikan ketersediaan alat testing (antigen/PCR).

"Sejauh ini, jumlah tracer di 34 Polda berjumlah 61.217, yang terbagi 58,929 tracer di lapangan 2,288 tracer di ruang digital," ucap Arief.

Di sisi lain, pelaksanaan vaksinasi juga turut menjadi atensi, untuk itu agar personel memperhatikan dan memastikan jumlah warga yang telah dilakukan vaksin.

"Agar akselerasi vaksinasi di elaborasi sehingga target herd immunity segera tercapai, di komunitas.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini