DPR Dorong MUI Berikan Edukasi Umat Dalam Hadapi Pandemi Covid-19

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 27 Juli 2021 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 337 2446443 dpr-dorong-mui-berikan-edukasi-umat-dalam-hadapi-pandemi-covid-19-fbb0MS0sSJ.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) bisa terus bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Saya harap ulama bisa menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Ulama harus turut serta mengedukasi umat agar selalu disiplin dalam menghadapi ancaman Covid 19," ujar Sufmi Dasco Ahmad, Senin (26/07/2021) dalam keterangan tertulisnya.

Sufmi Dasco Ahmad ingin para ulama terus membimbing masyarakat khususnya umat Islam agar tetap mematuhi protokol kesehatan, serta menyosialisasikan pentingnya program vaksinasi untuk membangun kekebalan komunal.

"Kedua hal ini merupakan wujud ikhtiar pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di tanah air. Saat ini masih banyak warga yang tidak percaya dengan Covid-19 sehingga abai terhadap protokol kesehatan," tambah Sufmi Dasco Ahmad.

Menurutnya peran penting ulama atau tokoh agama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu benar-benar ada. Bahkan apabila seseorang terpapar Covid-19 dengan penyakit bawaan (komorbid) memiliki dampak resiko lebih tinggi.

"Ulama bisa menjadi panutan bagi umat Islam dalam memerangi Covid 19. Edukasi dan contoh nyata dari ulama, kata dia, penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan," lanjut Sufmi Dasco Ahmad.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya terhadap MUI yang selama ini turut membantu dalam mengatasi pandemi. Menurut Jokowi, MUI telah memberikan tausiah agar umat Islam menjadi pelopor dalam mengatasi pandemi virus corona.

"Saya meyakini dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh kita akan mampu melewati ujian yang sedang kita alami saat ini," kata Jokowi dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini