BMKG: Gempa di Sulteng Bagian dari Daerah Seismik Aktif

Carlos Roy Fajarta, · Senin 26 Juli 2021 22:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 337 2446406 bmkg-gempa-di-sulteng-bagian-dari-daerah-seismik-aktif-vluGNUFAih.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi Tsunami BMKG, Daryono mengungkapkan bahwa wilayah yang menjadi pusat gempa di Sulawesi Tengah sebagai bagian dari daerah seismik aktif dan kompleks.

"Kawasan ini merupakan daerah dengan seismik aktif dan kompleks. Sulawesi Tengah merupakan kawasan dengan catatan kegempaan pada masa lalu dengan kegempaan cukup kuat sejak 1927," ujar Daryono, Senin (26/7/2021) malam dalam live streaming akun YouTube BMKG.

Ia menyebutkan ada sebuah pola Cesar yang memanjang dimana dalam setiap kasus Cesar mendatar bisa terjadi mekanisme turun.

"Ini merupakan fenomena biasa. Namun kawasan ini minim diteliti, perlu dipelajari lebih lanjut dan detail. Aspek mitigasi harus kita kembangkan," tambah Daryono.

Baca juga: Gempabumi M 6,5 Guncang Tojo Una-Una Sulteng, BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Sadly menyebutkan pihaknya masih melihat lebih dalam data tipe gate dari gempa bumi di Sulawesi Tengah.

"Skala cukup besar 6,5 dengan kedalaman 10 kilometer

Menjauhi pantai karena skala cukup besar. Data type gate Geo Spasial masih normal meskipun ada kemungkinan ada longsoran tebing dan sebagainya. Kami akan terus pantau perubahan ketinggian permukaan air laut," kata Sadly.

Baca juga: BMKG: Sesar Lokal Picu Gempa Tojo Una-Una

Sedangkan, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno meminta masyarakat terdampak gempa untuk mewaspadai kerusakan bangunan yang ada.

"Dari peta guncangan ini di daerah sekitar Ampana sampai Bunta itu zona kuning 6 MMI, biasanya ada kerusakan ringan atau sedang, bergantung kekuatan struktur bangunan di lokasi tersebut," ungkap Bambang Setiyo Prayitno.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi tektonik M6,5 di wilayah Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah pada Senin (26/7/2021) Pukul 19.09 WIB tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Tojo Una-Una, BMKG Rekomendasikan Warga Pesisir Bolaang dan Bunta Jauhi Pantai

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini