Ken Arok Titisan Dewa Brahma yang Diutus untuk Kendalikan Tanah Jawa?

Tim Okezone, Okezone · Selasa 27 Juli 2021 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 337 2446380 ken-arok-titisan-dewa-brahma-yang-diutus-untuk-kendalikan-tanah-jawa-UAFsN3qKH3.jpg Patung Ken Arok (foto: wikipedia)

KEN AROK alias Sri Rangah Rajasa Shang Amurwabhumi adalah Raja pertama Kerajaan Singasari, sekaligus pendirinya.

Di dalam kitab Pararaton diceritakan bahwa Ken Arok adalah seorang anak yang diturunkan oleh para Dewa agar mampu mengendalikan Tanah Jawa, yang pada waktu itu sudah mengalami era dekadensi moral.

Baca juga:  Kudeta Berdarah Ken Arok, Bunuh Tunggul Ametung untuk Rebut Tampuk Kekuasaan

Karena ketidak-harmonisan hubungan antara Prabu Kertajaya selaku Raja di Kediri dengan para Brahmana (kelompok Agama). Sehingga dikisahkan bahwa Ken Arok adalah titisan dari Dewa Brahma, atau dengan cerita yang romantis dikisahkan bahwa Betara Brahma turun ke bumi serta menanamkan benih (janin) kepada seorang gadis desa yang kemudian terlahirlah Ken Arok, sebagai utusan Dewa.

Baca juga:  Ken Dedes Telah Selingkuh dengan Ken Arok?

Ken Arok adalah putra Rakyan Ginantaka, yang juga cucu Rakyan Wirandhaka selaku Senapati Sarwajala Kerajaan Kediri di masa Pemerintahan Sri Maharaja Rakay I Hino Sri Aryeswara Madhusudhana Watarirajaya Kameswara, atau yang dikenal dengan nama Prabu Kameswara I.

Rakyan Wirandhaka sendiri adalah putra Shri Bhupati Linggawesi Raja Pajajaran, yang juga keturunan ketiga dari Prabu Kudhalelean Maharaja Adhimulya Raja Pajajaran yang memerintah pada tahun 928 Masehi. Itupun merupakan suatu strategi yang diatur secara rapi oleh para penguasa di Pajajaran, dan merupakan politik ekspansi dengan cara menyelundupkan orang-orangnya di pusat pemerintahan kerajaan di Tanah Jawa bagian tengah dan timur.


Ken Arok, memerintah di kerajaan Singasari sejak tahun 1222 hingga tahun 1247. Dan dinastinya memerintah di Singasari hingga tahun 1292 masehi, selanjutnya diteruskan oleh generasi berikutnya menjadi raja di kerajaan Majapahit hingga tahun 1478 masehi. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan berada di daerah Singasari, Malang, Jawa Timur. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini