Deretan Sungai Terpanjang di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 27 Juli 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 337 2446367 deretan-sungai-terpanjang-di-indonesia-cTEMQDuq43.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Sungai tidak hanya sekadar mengalir dari hulu ke hilir. Sungai dapat dijadikan jalur transportasi, sumber mata pencaharian, serta habitat hewan dan tumbuhan.

Di Indonesia terdapat sejumlah sungai terpanjang. Di mana saja letak sungai terpanjang di Indonesia? Berikut Litbang MPI merangkumnya.

1.Sungai Kapuas

Sungai Kapuas mempunyai panjang 1.143 km. Lokasi Sungai Kapuas terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Hulu sungai ini berada di Pegunungan Muller hinggat Selat Karimata. Sungai Kapuas menjadi penghubung transportasi antar daerah bagi masyarakat.

Baca juga: Viral Makhluk Diduga Bigfoot Terekam Kamera Seberangi Sungai

2. Sungai Mahakam

Sungai ini menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan mempunyai panjang 920 km. Di sungai ini terdapat habitat hewan langka, yaitu Pesut Mahakam. Sungai Mahakam mempunyai peran penting bagi masyarakat sebagai jalur transportasi, sumber air.

3. Sungai Barito

Sungai Barito melintasi Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Panjang Sungai Barito adalah 890 km. Hulu sungai ini terletak di Pegunungan Schwaner dan bermuara di Laut Jawa. Sungai Barito terkenal dengan Pasar Apung yang dapat menjadi daya tarik wisata. Di Pasar Apung, masyarakat melakukan transaksi jual beli di atas perahu.

Baca juga: Pemerintah Sebut Kualitas Air Sungai di Sejumlah Provinsi Membaik

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat sampai Jambi. Sungai Batanghari mempunyai panjang 800 km. Hulu sungai ini berada di Gunung Rasan. Sebagian wilayah Sungai Batanghari termasuk dalam Kawasan Taman Kerinci Seblat.

5. Sungai Musi

Sungai Musi dengan panjang 750 km berada di Sumatera Selatan. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang dibangun di atas Sungai Musi ini menjadi ikon yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga: Viral Video Guru Gunakan Motor Terobos Sungai demi Tunaikan Tugas

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini