Ajudan yang Menggandeng Gus Dur Ketika Keluar Istana Meninggal Dunia

Tim Okezone, Okezone · Senin 26 Juli 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 337 2446029 ajudan-yang-menggandeng-gus-dur-ketika-keluar-istana-meninggal-dunia-DGx0A4hvo7.jpeg Ajudan yang menggandeng Gus Dur keluar Istana meninggal dunia (Foto : AFP)

JAKARTA - Masih ingat dengan momen Presiden Keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid alis Gus Dur keluar dari Istana Merdeka mengenakan celana pendek? Momen tersebut terjadi usai MPR menggelar Sidang Istimewa yang intinya memberhentikan Gus Dur dari jabatannya lantaran mengeluarkan dekrit pada 23 Juli 2001.

Dalam sejumlah foto yang beredar, saat itu Gus Dur digandeng oelh seorang ajudan yang mengenakan safari. Dan kemarin, Minggu 25 Juli 2021, sang ajudan bernama Sukirno itu meninggal dunia

"Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Pak Sukirno, ajudan Gus Dur, meninggal dunia kemarin. Pak Kirno adalah orang yg sangat dekat dg Gus Dur. Ia menemani olahraga pagi, menyiapkan berbagai kebutuhan, juga terabadikan dalam peristiwa yg sangat dikenal sejarah di foto ini," dicuitkan akun @GUSDURian yang dikutip, Senin (26/7/2021).

Jenazah Marsdya Purn Sukirno kini telah dimakamkan di TMP Kalibata. "Semoga beliau ditempatkan di sebaik-baiknya tempat kembali. Amin... Al-Fatihah," tulis admin akun tersebut.

Baca Juga : Dekrit dan Celana Pendek Gus Dur

Hal senada juga disampaikan Inayah Wahid, putri bungsu Gus Dur. Dalam akun Instagramnya, Inayah mengaku terkejut dengan kabar duka tersebut.

Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, Inayah mengaku tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga yangg ditinggalkan untuk memberikan semangat dan pelukan hangat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini