PPKM Level 4 Diperpanjang, Presiden Jokowi : Angka Kematian Harus Ditekan Semaksimal Mungkin

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 25 Juli 2021 19:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 337 2445785 ppkm-level-4-diperpanjang-presiden-jokowi-angka-kematian-harus-ditekan-semaksimal-mungkin-7kyZWhEUEG.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada jajarannya untuk membagikan vitamin dan suplemen kepada masyarakat pada masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pulau Jawa dan Bali.

"Secara khusus saya minta kepada para menteri terkait, juga segera melakukan langkah-langkah maksimal untuk membagikan vitamin, suplemen, kepada masyarakat," kata Jokowi, Minggu (25/7/2021).

Jokowi berujar, para pembantunya harus memberikan dukungan obat-obatan dan konsultasi dokter terhadap pasien Covid yang melakukan isolasi mandiri. Lalu menteri juga harus memberikan dukungan pengobatan di rumah sakit.

"Angka kematian harus ditekan semaksimal mungkin. Dan untuk daerah yang memiliki angka kematian yang tinggi, peningkatan kapasitas RS, isolasi terpusat dan juga ketersediaan oksigen perlu ditingkatkan segera," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi memutuskan melanjutkan PPKM Level 4 di Pulau Jawa dan Bali mulai 26 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Namun demikian pada sektor ekonomi rakyat perlahan mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan ketat disertai pembatasan.

Jokowi mengatakan, pasar rakyat yang menjual sembako boleh buka seperti biasa dengan protokol kesehatan ketat. Kemudian, pedagang kaki lima (PKL), toko kelontong, agen, outlet voucher, loundri, pangkas rambut, pedagang asongan, bengkel, cucian kendaraan, beserta usaha kecil lainnya bisa beroperasi dengan protokol kesehatan ketat sampai jam 21.00.

Baca Juga : Breaking News : Presiden Jokowi Putuskan Lanjutkan Penerapan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021

Lalu lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka dibolehkan buka dengan prokes sampai pukul 20.00, dan maksimum waktu makan pengunjung 20 menit.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini