Anggota DPR Jimmy Demianus Ijie Memulai Karir Politik sebagai Aktivis Mahasiswa

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 25 Juli 2021 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 337 2445598 anggota-dpr-jimmy-demianus-ijie-memulai-karir-politik-sebagai-aktivis-mahasiswa-I65gzDNUma.jpg Jimmy Demianus (Foto : Antara)

JAKARTA — Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Jimmy Demianus Ijie meninggal dunia. Anggota dewan dari daerah pemilihan (dapil) Papua Barat itu tutup usia di sebuah rumah sakit di Makassar, Sulawesi Selatan.

Jimmy bukan orang baru di partai berlogo banteng moncong putih. Ia memulai karir politiknya saat mahasiswa lalu bergabung dengan PDI kala itu.

"Beliau memulai karir sebagai aktivis mahasiswa yang bergabung berjuang bersama PDI Pro Mega kemudian PDI Perjuangan pada akhir 1990," kata politikus senior PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira, saat dihubungi MNC, Minggu (25/7/2021).

Setelah bergabung dengan PDI, Jimmy kembali ke Papua dan menjadi anggota DPRD di sana. Ia pernah jadi Ketua DPRD Papua Barat.

"Beliau juga salah satu tokoh politik yang ikut melahirkan Propinsi Papua Barat," ungkap Andreas.

Lalu, lanjut Andreas, pada 2014-2019, Jimmy terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili Papua Barat dan berjuang cukup lama melalui sengketa di Mahkamah Agung (MA).

"2019-2024 terpilih kembali menjadi anggota DPR RI mewakili daerah asalnya Papua Barat," jelas Andreas.

Andreas mengaku mengenal Jimmy sebagai politisi yang konsisten memperjuangkan Papua. Mendiang disebut sebagai seorang nasionalis-pluralis sejati.

Baca Juga : Berita Duka, Anggota DPR F-PDIP Jimmy Demianus Ijie Meninggal Dunia

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini