Daftar 4 Kecelakaan Maut di Jalan Tol Paling Fenomenal

Tim Okezone, Okezone · Minggu 25 Juli 2021 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 337 2445558 daftar-4-kecelakaan-maut-di-jalan-tol-paling-fenomenal-yZgtADAAPT.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor sering kali terjadi di jalan tol. Kecelakaan di jalan tol ini sering dikenal dengan sebutan kecelakaan maut, karena tidak jarang merenggut korban jiwa.

Banyak tragedi kecelakaan beruntun yang paling parah sampai melibatkan belasan hingga puluhan kendaraan, yang berujung ke tewasnya korban atau mengidap luka-luka parah.

Berikut daftar kecelakaan di jalan tol yang paling fenomenal:

1. Sebanyak 12 Penumpang Meninggal Dunia di Kecelakaan Tol Cipali

Pada hari Senin 17 Juni 2019, terjadi kecelakaan beruntun di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) KM 150. Kecelakaan yang melibatkan bus Safari dan tiga kendaraan lain ini merenggut korban jiwa, yaitu sebanyak 12 orang meninggal dunia.

Menurut data yang diambil dari situs resmi Korlantas Polri, ada juga sebanyak 37 orang mengalami luka-luka. Peristiwa ini terjadi lantaran pengemudi bus diserang oleh penumpang bus bernama Anshor (29), ketika ia mencoba mengambil alih kemudi bus hingga bus oleng dan melintas ke jalur kendaraan sebaliknya.

Baca Juga:  Korban Jiwa Nihil dalam Kecelakaan Mobil Berpelat "RFS" di Sudirman

Pada akhirnya bus tersebut menghantam tiga kendaraan lain secara beruntun, dan dinobatkan sebagai kecelakaan dengan korban terbanyak di tahun 2019.

2. Kecelakaan Tol Cipularang Melibatkan 21 Kendaraan

Menurut laporan dari Kapolres Purwakarta yang dilansir dari Okezone.com, terjadi kecelakaan di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta, yang melibatkan sebanyak 21 kendaraan. Tol Cipularang memang tidak asing atau terkenal dengan kecelakaan maut yang memakan korban jiwa.

Tampak dari video yang diunggah Jasamarga lewat akun Twitter, api yang membakar sejumlah kendaraan. Usai kecelakaan ini, arus lalu lintas mengalami kepadatan dan 

Jasamarga meminta pengendara mobil untuk mengambil jalur alternatif. Setelah kejadian itu, pihak kepolisian dan Jasamarga masih mengevakuasi kecelakaan dan belum diketahui adanya korban jiwa.

Baca Juga: Ajaib! Pemuda Ini Selamat Setelah Jatuh ke Jurang Sedalam 25 Meter di Danau Toba

3. Sebanyak 4 Orang Terbakar Akibat Kecelakaan di Tol Sumatera

Berdasarkan data yang diambil dari laman resmi Korlantas Polri, Empat korban tewas terbakar dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di tol Bandar Lampung, Sumatera 19 Oktober 2021. Penumpang mobil tersebut terdiri dari sepasang suami istri, tiga anak, dan satu kerabat.

Dua anak perempuan paling kecil selamat dengan keadaan luka-luka. Menurut kesaksian kedua anak perempuan tersebut, mobil menabrak dikarenakan ayah mereka menyetir dalam keadaan mengantuk. Pada akhirnya Hadi beserta istri, satu anak, dan satu orang kerabat tewas.

4. Sebanyak 7 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Maut Bus di Tol Pemalang

 

Dilansir dari portal resmi Korlantas Polri, terdapat kecelakaan antara truk dan bus yang terjadi di tol Pemalang, Jawa Tengah, 11 Juli 2021 pada siang hari dan menewaskan sebanyak 7 orang korban, tepatnya pukul 11.00 WIB.

Kecelakaan terjadi dikarenakan truk yang oleng menyebabkan bus yang melaju dari arah sebaliknya tidak bisa mengendalikan setir diakibatkan kecepatan tinggi dan menabrak sisi belakang truk hingga terguling. Bus yang terguling itu membentur guardrail di bahu jalan sebelah kiri. Kondisi korban belum diungkapkan oleh polisi namun telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Diolah dari berbagai sumber oleh Amira Karin Khairana/Litbang MPI.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini