Share

Jejak Pendidikan Bung Karno dan Bung Hatta

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Senin 16 Agustus 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 337 2445351 jejak-pendidikan-bung-karno-dan-bung-hatta-QPKF1kD9z0.jpg Presiden Soekarno (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Dua tokoh besar Indonesia, Presiden RI pertama, Soekarno (Bung Karno) dan Wakil Presiden Indonesia pertama, Mohammad Hatta (Bung Hatta) merupakan pribadi yang cerdas dan kritis. Keduanya banyak mendapat pendidikan Eropa, bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Berikut adalah jejak pendidikan Bung Karno dan Bung Hatta, yang dikutip dari kepustakaan presiden perpusnas.go.id.

1. Bung Karno

Prokolamator dan tokoh besar bangsa Indonesia, Soekarno atau Bung Karno lahir di Peneleh, Surabaya pada 6 Juni 1901. Presiden pertama Indonesia ini merupakan anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Sebenarnya, ia diberi nama Kusno Sosrodihardjo. Namun, karena di masa kecilnya ia sering mengalami sakit-sakitan, maka nama itu diganti menjadi Soekarno.

Di bangku sekolah dasar, ia disekolahkan di Eerste Inlandse School yang merupakan tempat ayahnya mengajar. Namun, Soekarno dipindahkan ke ELS (Europeesche Lagere School) agar mudah meniti jenjang pendidikan berikutnya, yakni HBS (Hogere Burger School).

 Soekarno

Setelah menyelesaikan pendidikannya di ELS pada tahun 1915, ia berhasil melanjutkan pendidikan ke HBS di Surabaya yang notabene diperuntukkan untuk kaum Eropa dan priyayi saja. Dirinya berhasil bersekolah di sana atas bantuan rekan ayahnya, H.O.S Tjokroaminoto.

Ia menamatkan pendidikan di HBS pada 1921 dan melanjutkannya ke Technise Hoogeschool te Bandoeng, yang sekarang dikenal dengan ITB dan mengambil jurusan teknik sipil. Soekarno akhirnya berhasil meraih gelar Insinyur pada 25 Mei 1926.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

2. Bung Hatta

Mohammad Hatta, wakil presiden pertama Indonesia yang juga ikut memproklamirkan kemerdekaan Indonesia bersama Soekarno, merupakan putra kelahiran Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Dilansir dari berbagai sumber, ia mengenyam pendidikan awalnya di ELS Padang hingga lulus di tahun 1913. Lalu, melanjutkan ke sekolah menengah pertama atau MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) sampai 1917.

 Bung Hatta

Dirinya kemudian hijrah ke Batavia dan melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah ekonomi atau dagang dengan nama Handels Middlebare School dan selesai di tahun 1921. Lanjutnya, gelar Drs ia dapatkan dari Nederland Handelshogeschool di Rotterdam, Belanda tahun 1932. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini