Megawati Beri PR Anak Indonesia: Dari Manakah Asal Kodok dan Kupu-Kupu?

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 23 Juli 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 337 2444947 megawati-beri-pr-anak-indonesia-dari-manakah-asal-kodok-dan-kupu-kupu-IN6ZbhaaJc.jpeg Megawati Soekarnoputri. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri ingin anak Indonesia menjadikan alam sebagai gurunya, di samping pendidikan formal. Menurutnya, pengetahuan itu berada di mana-mana, tidak melulu ada di dalam gedung sekolah.

Hal itu dikatakan Megawati saat menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional 2021 secara virtual.

"Jangan sekali-kali terpaku pada pelajaran formal di sekolah, karena kalau dihitung kita belajar di sekolah tidak sampai satu hari," katanya dilihat dari kanal YouTube Kementerian PPPA, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Megawati Ingin Anak Indonesia Punya Kecerdasan Intelektual Tinggi

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu ingin anak Indonesia mencari pengetahuan dari alam, selepas mengikuti pendidikan formal di sekolah. Menurut Megawati, guru yang paling baik adalah alam semesta. 

"Jadi jam-jam kelebihan itu carilah pengetahuan di mana saja, kita bisa melihat guru yang paling baik itu adalah alam semesta, coba saja anak-anak jalan-jalan saja kalau sudah selesai belajar, kita bisa bertemu capung, bertemu kodok, bertemu taman air," tuturnya.

Baca juga: Megawati Soroti Persoalan Stunting: Ibunya Jangan Sibuk Nonton Sinetron

Megawati pun memberi pekerja rumah (PR) kepada anak Indonesia. PR tersebut antara lain terkait asal muasal binatang kodok hingga kupu-kupu. "Ibu ingin bertanya. Nanti ini PR. Dari manakah asal kodok? dari manakah asal kupu-kupu? Banyak anak sekarang yang tidak mengetahui, jadi itu PR ya dari ibu,” tukasnya.

Megawati mengaku sedih ketika mendengar banyaknya anak-anak sekarang yang tidak menghormati gurunya. Padahal, kata dia, dari para guru itulah ilmu dipancarkan, khususnya dari pendidikan formal seperti sekolah. Tetapi, ia kembali mengingatkan bahwa guru paling istimewa adalah alam. 

"Dan tentunya kita tidak mau dibedakan, oleh sebab itu, seluruh warga negara Indonesia termasuk anak-anak mempunyai hal yang sama dan setara. Ayo berjuang anak-anakku, selalu harus belajar," tutupnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini