Heboh! Benua Australia Bergeser ke Indonesia Ramai Dibahas di Jagat Maya

Agnes Teresia, Okezone · Kamis 22 Juli 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 337 2444317 heboh-benua-australia-bergeser-ke-indonesia-ramai-dibahas-di-jagat-maya-0Xc0gi4XOn.jpg Viral benua Australia bergeser dekati Indonesia (Foto: Tiktok)

JAKARTA - Sebuah video di Tiktok viral usai membahas mengenai pergeseran Benua Australia mendekati Indonesia. Video tersebut diunggah akun @virgaraditya. Dalam video dijelaskan, pergeseran itu disebabkan pergerakan lempeng Bumi yang saling bertabrakan.

“Guys benua Australia terus bergerak ke Utara mendekati Indonesia. Kira-kira yang akan terjadi apa ya? Bergesernya benua Australia ini disebabkan oleh lempeng Bumi yang saling bertabrakan," ujar Virga dalam video yang diunggah beberapa pekan yang lalu tersebut.

Baca Juga:  Viral! Wanita Petugas Bansos Tunai Menangis Dibentak-bentak Warga

Virga mengungkapkan, berdasarkan penelitian, Benua Australia terus bergerak ke utara mendekati Indonesia 7 cm setiap tahunnya dan lempeng Asia Pasifik juga bergerak 11 cm setiap tahunnya.

“Dan jika kedua lempeng itu bertabrakan tentunya bakal mengakibatkan suatu gempa yang sangat besar,” ujarnya dalam video berdurasi 38 detik itu. 

"Salah satunya gempa yang pernah terjadi akibat tabrakan dua lempeng bumi adalah Marcquarie yang berada di antara Selandia Baru dan Benua Antartika dengan kekuatan 8,1 SR,” tutupnya.

Postingan Virga pun menuai ragam komentar warganet. "Ya kan jutaan tahun yang lalu bumi cuman punya satu benua trus terbelah menjadi dua dan akhirnya terbelah lagi bagian, jadi gk heran," ujar seorang warganet dalam kolom komentar.

"7 cm pertahun paling 100 tahun lagi masih lama," timpal netizen lainnya.

Baca Juga:  Viral! Lagi Asyik Berduaan dengan Pelakor di Rumah, Pria Ini Digerebek Istri

Hingga Kamis (22/7/2021), video tersebut sudah disaksikan lebih dari 400 ribu kali dan disukai lebih dari 23 ribu pengguna Tiktok.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini