Kisah Bung Karno Membuat Buku Biografi dengan penulis Cindy Adam, "Cindy Adalah Penulis yang Paling Menarik"

Doddy Handoko , Okezone · Rabu 21 Juli 2021 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 337 2443537 kisah-bung-karno-membuat-buku-biografi-dengan-penulis-cindy-adam-cindy-adalah-penulis-yang-paling-menarik-8CDoQBaqdK.jpg Bung Karno.(Foto:Dok Okezone)

DI BUKU  Total Soekarno karya Roso Daras diceritakan suatu saat Bung Karno menanggapi usul Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Howard Jones tahun 1960an yang mengajukan usul kepada Bung Karno untuk menuliskan biografinya.

Pada pertemuan yang kesekian, Dubes Howard belum berputus-asa membujuk Bung Karno. Masih dengan alasan-alasan yang ia kemukakan dengan begitu serius dan sungguh-sungguh.

Bung Karno dengan tersenyum, berkata, “Dengan satu syarat, saya mengerjakannya dengan Cindy Adams!” Howard kaget bercampur senang bercampur entahlah.

Baca Juga: Kisah Bung Karno Sarankan Perluasan Bukit Shafa -Marwah dan Haji Akbar

Rupanya, selang beberapa saat setelah pertemuan dengan Howard di Istana Bogor, Bung Karno bertemu dengan wartawan Amerika Serikat bernama Cindy Adams.

Dia adalah istri dari pelawak Joey Adams, yang tengah memimpin misi kesenian Presiden Kennedy ke Asia Tenggara.

Selain cantik, Cindy adalah seorang penulis yang ceria, gemar berkelakar, dan… selalu berdandan rapi. Berbicara dengan Cindy, sangat menyenangkan Bung Karno.

Dalam salah satu kesaksiannya ia mengatakan bahwa, “Orang Jawa selalu bekerja dengan insting. Seperti ketika saya mencari seorang press officer, kemudian bertemu dengan Rochmuljati, saya segera tahu, dialah yang saya cari, dan segera saya pekerjakan dia. Demikian pula dengan Cindy.”

Cindy menerima tugas itu dengan suka cita. Apalagi setelah tahu bahwa sudah banyak penulis, baik dari dalam maupun luar negeri yang memohon-mohon menjadi penulis biografi Bung Karno, tetapi semua ditolak.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini