PPKM Darurat Diperpanjang, Epidemiolog: Pilihan Terbaik dan Harus Didukung

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 21 Juli 2021 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 337 2443522 ppkm-darurat-diperpanjang-epidemiolog-pilihan-terbaik-dan-harus-didukung-Ym09dSY6it.jpg Ilustrasi.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Epidemiolog UKI, Gilbert Simanjuntak, angkat bicara soal perpanjangan PPKM Darurat selama lima hari oleh pemerintah. 

"Tidak mungkin mencabut PPKM Darurat saat ini, karena tren penurunan baru beberapa hari dan itu bisa saja fenomena yang tiba-tiba naik lagi (rebound). Memperpanjang adalah keputusan terbaik, dan diambil dengan hati-hati melihat waktu untuk evaluasi diberikan hanya 5 hari," kata Gilbert saat dihubungi Media Portal Indonesia, Rabu (21/7/2021).

Anggota DPRD DKI dari fraksi PDI Perjuangan itu, menambahkan sebenarnya keputusan PPKM Darurat diambil karena ketidak-patuhan masyarakat.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Jokowi: Pemerintah Tambah Alokasi Bansos Rp55,21 Triliun

"Dampaknya peningkatan kasus, dan terparah di Jakarta. Kunci keberhasilan penanganan pandemi ini ada pada masyarakat dan pemerintah daerah. Apabila dalam 5 hari ke depan masyarakat mampu mendisiplinkan diri, menahan diri tidak keluar rumah bila tidak perlu maka pelonggaran akan lebih mudah dilakukan," jelasnya.

"Ini saatnya kita membangun peradaban yang lebih baik seperti masyarakat di Vietnam, Taiwan, Jepang dan Italia yang mampu disiplin," sambungnya.

Dia mengimbau, Masyarakat sebaiknya mampu saling mengingatkan, musuh bersama saat ini adalah Covid-19 yang membuat segalanya berubah.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini