Pandemi Covid-19, Petugas Masjid Istiqlal Sarankan Pemotongan Hewan Kurban Dicicil

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 20 Juli 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 337 2443239 pandemi-covid-19-petugas-masjid-istiqlal-sarankan-pemotongan-hewan-kurban-dicicil-B31Wr67bUT.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Masjid Istiqlal Jakarta akan melakukan penyembelihan hewan kurban hanya untuk memenuhi kebutuhan bagi 300 petugas kebersihan dan keamanan masjid. Masjid Istiqlal pun menyalurkan sebagian hewan kurban ke masjid binaan agar para petugas tidak kelelahan dalam melakukan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19.

Pada gelaran Idul Adha 1442 H ini, pengelola Istiqlal akan lebih fokus untuk mendistribusikan hewan kurban ke masjid-masjid binaan yang perlu mendapat perhatian.

"Mereka (petugas di masjid-masjid binaan) yang akan menyembelih (hewan kurban). Kita tetap menerima (hewan kurban) dari para jamaah yang selalu mengumpulkan lewat Istiqlal," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar, dalam tayangan Dialog Produktif Rabu Utama, Sehat dan Aman di Hari Raya Kurban diakses NU Online, yang dilihat hari ini, Selasa (20/7/2021).

"Tapi Istiqlal diberikan kewenangan penuh untuk mendistribusikan. Kita tidak mendistribusikan dalam bentuk daging, tapi kita mendistribusikan hewan kurbannya," imbuhnya.

Baca Juga : Sapi Kabur saat Hendak Disembelih, Sempat Nyebur ke Sawah

Kiai Nasaruddin Umar menjelaskan situasi pandemi Covid-19 yang akhir-akhir sudah sangat darurat. Karena itu, pihak Istiqlal tidak sekadar memberikan hewan kurban kepada masjid-masjid binaan itu.

Tetapi, pendistribusian hewan kurban itu pun akan dilengkapi panduan protokol yang mesti dijalankan. Salah satunya, masjid-masjid binaan itu akan diarahkan untuk menyembelih hewan kurban di hari-hari tasyrik, sehingga tidak hanya difokuskan pada hari pertama Idul Adha yang akan menguras energi.

Hal ini dimaksudkan agar para petugas penyembelihan hewan kurban tidak mudah jatuh sakit karena kelelahan.

"Nah, berhubung situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita harus molorkan sebagian. Jadi berapa ekor yang disembelih hari pertama, kemudian berapa disembelih pada hari tasyrik pertama, kedua, ketiga," ujarnya.

"Inti dari Idul Adha adalah ibadah protein. Bahkan terdapat pesan mendalam yang bisa dipetik sebagai hikmah, yakni keutuhan umat dapat tercipta dari upaya menciptakan umat yang berkualitas. Syaratnya, umat harus kaya atau sehat akan protein," pungkas Kiai Nasar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini