Lempar Batu ke Watu Layar Peninggalan Sunan Bonang Bisa Kaya?

Doddy Handoko , Okezone · Selasa 20 Juli 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 337 2443210 lempar-batu-ke-watu-layar-peninggalan-sunan-bonang-bisa-kaya-MVzlwoQ80e.jpg Ilustrasi Sunan Bonang (Foto : Istimewa)

WATU atau Batu Layar terletak di Desa Bonang-Binangun Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, tepatnya di pinggir jalan raya pantura dekat pantai Bonang.

Cerita watu layar sangat populer di kalangan masyarakat Lasem, mengingat di lokasi tersebut banyak menyimpan cerita sejarah.

"Tidak jauh dari lokasi watu layar terdapat makam Sunan Bonang dan makam Putri Campa," ujar Koh Lam, penggiat sejarah Lasem.

Cerita watu layar juga dikaitkan dengan pertarungan antara Sunan Bonang dan Blacak Ngilo, di lokasi watu layar dulunya merupakan bekas pelabuhan besar yang terkenal dengan nama pelabuhan Regol , tempat mendaratnya laksamana Cheng Ho beserta orang-orang Champa.

"Sehingga keberadaan bukit watu layar pada jaman dahulu sangat dikeramatkan oleh masyarakat Lasem sampai timbul mitos," ucapnya.

Baca Juga: Seorang Penggali Kubur Tewas Digorok Keponakannya Sendiri

Mitos itu berbunyi bahwa yang bisa melempat batu dari bawah bukit sampai ke atas ke Watu Layar, maka akan menjadi kaya.

"Mitos tersebut berhasil membuat saya penasaran akhirnya saya pun ikut mencoba melempar batu dari bawah bukit, saya lempar ke atas dan ternyata batu yang saya lempar berhasil mencapai puncak," ujarnya.

Ditambahkannya, "Dalam benak saya timbul semangat dan harapan untuk bekerja keras agar bisa kaya dengan membuktikan berhasil melempar batu di bukit Watu Layar".

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini