UMKM Menjerit, Jokowi Minta Kepala Daerah Salurkan Dana UMKM

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 20 Juli 2021 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 337 2443187 umkm-menjerit-jokowi-minta-kepala-daerah-salurkan-dana-umkm-mmiQ9vcpV3.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi).(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah untuk segera menyalurkan bantuan sosial UMKM di saat pandemi. Jokowi menyebut bahwa dari total dana UMKM 13,3 triliun, baru 2,3 triliun yang telah dikucurkan.

Jokowi menilai perlu dilakukannya percepatan belanja daerah dan percepatan bantuan sosial, terutama yang berkaitan dengan bantuan UMKM, dana bantuan sosial, dan Dana Desa.

Jokowi membeberkan, berdasarkan data yang dimiliki, anggaran UMKM untuk seluruh daerah ada Rp13,3 triliun, sementara yang tersalurkan baru Rp2,3 triliun.

"Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan," kata Jokowi dalam keterangannya dikutip MNC Portal, Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: Jokowi Ajak Masyarakat Berdoa dan Bertakbir di Rumah agar Pandemi Segera Berlalu

Kemudian anggaran lain yang perlu segera dikucurkan adalah perlindungan sosial. Dari total anggaran sebesar Rp12,1 triliun.

"Perlindungan sosial ada anggaran di catatan saya Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini," sambungnya.

Demikian halnya dengan Dana Desa di mana jumlah totalnya mencapai Rp72 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Tetapi realisasi yang sudah disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

"Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tandasnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini