Wapres Bicara Esensi Kurban di Tengah Pandemi Covid-19, Saatnya Berbagi

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 19 Juli 2021 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 337 2443113 wapres-bicara-esensi-kurban-di-tengah-pandemi-covid-19-saatnya-berbagi-aXbjk6iyKi.jpeg KH Maruf Amin (Foto : Antara)

JAKARTA — Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan, esensi kurban pada Hari Raya Idul Adha adalah berbagi pada sesama. Saat ini hal tersebut sangat relevan untuk diterapkan di tengah pandemi Covid-19.

"Pada hari ini kita dianjurkan bahkan diperintahkan untuk menyembelih kurban dan dagingnya dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Ini adalah simbol supaya kita berbagi dengan orang lain, tidak hanya sembelih sapi dan kambing tapi apa saja yang kita mampu memberikan kepada sesama apalagi saat Covid-19," katanya saat memberi tausiyah pada takbir akbar virtual Idul Adha, Senin (19/7/2021).

Kiai Ma'ruf berujar dalam kondisi seperti ini banyak orang membutuhkan uluran tangan. Karenanya berbagi adalah tindakan yang sangat ditunggu-tunggu.

"Karena itulah momentum Idul Adha ini kita jadikan sebagai berbagi langkah solidaritas untuk hidup bersama, saling tolong menolong, saling memberi," terangnya.

Hikmah lain yang bisa dipetik dari momentum Idul Adha adalah kesabaran dan keikhlasan, sebagaimana tertuang dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Baca Juga : Jokowi: Mari Bersama Memohon Pertolongan Allah SWT

Di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, Kiai Ma'ruf mengimbau bangsa Indonesia bisa bersabar dengan kondisi sekarang. Namun demikian ia mengingatkan bahwa sabar bukan berarti pasif. Sabar dalam perspektif ini adalah perjuangan untuk menjaga diri dari penularan virus corona.

Dalam takbir akbar virtual ini, turut hadir Presiden Jokowi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, TNI-Polri, tokoh agama dan perwakilan ormas Islam.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini