Diduga Tak Terima Meninggal Karena Covid-19, Keluarga Ambil Paksa Jenazah dari Rumah Sakit di Kupang

Mohamad Yan Yusuf, MNC Portal · Senin 19 Juli 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 337 2442844 diduga-tak-terima-meninggal-karena-covid-19-keluarga-ambil-paksa-jenazah-dari-rumah-sakit-di-kupang-R3hg9ppaIV.jpg

KUPANG - Diduga lantaran tak terima meninggal karena Covid-19, sekelompok orang mendatangi rumah sakit dan membawa jenazah anggota keluarganya dari sebuah rumah sakit di kawasan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kejadian itu viral di media sosial (medsos) usai akun Instagram @cetul.22 mempostinganya, Minggu 19 Juli 2021 lalu. Dalam postingan itu memperlihatkan bagaimana kondisi sejumlah masyarakat yang kesal dengan setelah seorang keluarganya meninggal.

"Tkp rs siloam kupang," tulis akun tersebut, Senin (19/7/2021).

Dalam postingan itu, terlihat huru-hara terjadi setelah sekelompok orang yang kesal mendatangi rumah sakit. Mereka kemudian mendatangi rumah sakit itu secara berkelompok.

Baca juga: Pakar Unpad: Waspadai Titik Lengah Penularan Covid-19

Mereka juga merangsek masuk hingga ke dalam lorong rumah sakit yang selebar tiga orang untuk mengambil paksa sebuah jenazah yang telah terbungkus kain kafan dan membawanya keluar rumah sakit.

Kondisi itu membuat sejumlah tenaga nakes dan petugas keamanan tak bisa berbuat banyak, mereka terlihat pasrah dengan kejadian ini dan hanya bisa merekam dan tak mampu menahan amarah yang dilakukan oleh anggota keluarga jenazah tersebut.

Baca juga: Waspada, Obesitas Sebabkan Seseorang Berisiko Tinggi Terinfeksi Covid-19

Selain itu ucapan provokasi seperti mengancam akan membakar rumah sakit pun dilontarkan oleh sejumlah warga terhadap kondisi ini. Bahkan beberapa petugas nakes terlihat mendapatkan intimidasi dari beberapa anggota keluarga.

"Bakar, bakar, bakar," seperti terdengar dalam video.

Video yang kini telah ditonton 16 ribu pengguna instagram itu mendapat reaksi warganet, melalui laman komentarnya ia mengungkapkan kekesalannya terhadap aksi ini.

"Gapapalah biarin aja seleksi alam bekerja sama keluarganya.. capek juga kan ngurusin beginian ga kelar kalo banyak orang macem gitu..," kata @bhima_nathanael.

"Knp bs bgt ya? Krg edukasikah, krg pemahamankah atau kurang bagi tambah kali?," tambah @bdewantoro80.

Baca juga: Tragis! Anak Gantung Diri di Sebelah Jenazah Ibunya

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini