Gelar Ibadah Haji, Arab Saudi Tidak Lockdown tapi Lakukan Ini

Agnes Teresia, Okezone · Senin 19 Juli 2021 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 337 2442637 gelar-ibadah-haji-arab-saudi-tidak-lockdown-tapi-lakukan-ini-BpjsqhfHbH.jpeg Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.

JAKARTA - Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menyebut kondisi di Arab Saudi sedang stabil. Arab Saudi pun tetap menggelar ibadah haji kendati terbatas.

Seperti diketahui, hanya 60.000 jemaah, semua penduduk Arab Saudi, yang akan diizinkan untuk menunaikan ibadah haji karena pandemi Covid-19.

Endang memaparkan kondisi dan situasi terkini di Arab Saudi di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Endang dalam Special Dialogue bersama Okezone.

BACA JUGA: Arab Saudi Sambut Musim Haji di Tengah Pandemi, Selengkapnya dalam Special Dialogue Okezone

"Sampai saat ini Alhamdullilah kondisi stabil ya. Kalau kita lihat dari angka Covid, di Arab Saudi sampai hari ini masih di angka 1.000-1.200,” jelas dia

Endang juga menambahkan, saat ini tidak ada kebijakan lockdown di Arab Saudi. Bahkan kondisi di pusat perbelanjaan dan masjid juga berjalan seperti biasanya.

Namun kondisi di Arab Saudi diperketat dengan kebijakan yang mengharuskan setiap warganya memiliki aplikasi Tawakkalna.

BACA JUGA: Siapa Saja WNI yang Naik Haji Tahun Ini?

Endang mengatakan aplikasi Tawakkalna dapat mendeteksi dini kondisi seseorang. Aplikasi tersebut akan menunjukkan apakah orang tersebut terinfeksi atau tidak.

“Canggihnya di Arab Saudi seperti itu,” timpal Endang.

Dilansir dari Al Arabiya, pada Sabtu (17/7/2021) Arab Saudi melaporkan 1.098 kasus positif, 1.207 kasus pemulihan, dan 15 kasus kematian.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini