Larang Takbir di Luar Rumah, Pemerintah Akan Gelar Takbir Virtual Malam Ini

Erfan Maaruf, iNews · Senin 19 Juli 2021 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 337 2442634 larang-takbir-di-luar-rumah-pemerintah-akan-gelar-takbir-virtual-malam-ini-zEH4zq5euo.jpg Ilustrasi takbir (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA- Perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H akan digelar pada Selasa 20 Juli 2020. Sebagai upaya menekan mobilitas masyarakat, pemerintah bersama dengan ormas Islam sepakat untuk menggelar takbir akbar nasional virtual pada Senin (19/7/2021) malam.

Hal itu dikatakan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam keterangan virtual. Sebagai gantinya, pemerintah yang diinisiasi oleh Menteri Agama akan menggelar takbir virtual yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

"Akan dilakukan penyelenggarakan takbir nasional secara virtual bersama Presiden bersama saya dan diinisiasi Menteri Agama," kata Ma'ruf dalam siaran YouTube Wakil Presiden RI, dikutip MNC, Senin (19/7/2021).

 (Baca juga: Kebakaran Kantor BPOM Trending di Twitter, Picu Spekulasi Warganet)

Ma'ruf mengatakan, takbir virtual dilakukan agar masyarakat tetap melaksanakan takbir di rumah. Dia menilai hal itu perlu dilakukan karena Indonesia sudah dianggap sebagai pusat penyebaran baru, episentrum baru Covid-19 khususnya varian Delta.

Selain takbir virtual, pemerintah bersama ormas Islam meminta agar masyarakat melaksanakan ibadah Salat Idul Adha di rumah masing masing serta melakukan pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah potong hewan.

 (Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Takbir dan Sholat Ied di Rumah, Kurban Dipotong di RPH)

"Sebagai satu ketegasan bahwasanya untuk Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tapi memperhatikan protokol kesehatan menjaga jiwa manusia. karena itu supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja. begitu juga untuk penyembelihan kurban itu supaya dilakukan melaui rumah pemotongan hewan," jelasnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini