Wapres Ma'ruf Amin: Takbir dan Sholat Ied di Rumah, Kurban Dipotong di RPH

Erfan Maaruf, iNews · Senin 19 Juli 2021 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 337 2442611 wapres-imbau-takbir-dan-sholat-ied-di-rumah-kurban-dipotong-di-rph-L2ZHQNnvnY.jpg Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas Islam sepakat pelaksanaan salat Idul Adha dilakukan rumah masing-masing. Takbir digelar secara virtual dan penyembelihan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan.

Dalam konferensi pers virtual pada Minggu (18/7/2021), Wapres menegaskan bahwa ormas Islam sepakat bahwa pelaksanaan ibadah Idul Adha tetap dilaksanakan dengan protokol ketat dengan penyelenggaraan dilakukan di rumah masing-masing.

BACA JUGA: Pemprov DKI Jakarta Umumkan Panduan Kurban dan Sholat Idul Adha Selama PPKM Darurat 

"Idul Adha kali ini dengan tetap melaksanakan ibadah tapi memperhatikan protokol kesehatan menjaga jiwa manusia. Karena itu supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja, begitu juga untuk penyembelihan kurban itu supaya dilakukan melalui rumah pemotongan hewan dan dibagikan diantar dari rumah-rumah," kata Ma'ruf.

Dia menjelaskan pada malam takbil masyrakat diminta tetap di rumah dan melakukan takbir secara virtual. Pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian Agama berencana akan melakukan takbir nasional secara virtual bersama Presiden Jokowi.

BACA JUGA: Peringati Milad ke-112, Muhammadiyah Berharap Tetap Konsisten dan Bijak 

Semua langkah itu harus diambil sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19. Ma'ruf menyebut saat ini Indonesia dianggap sebagai episentrum baru atau pusat penyebaran virus Covid-19 apalagi berkembangnya varian Delta.

"Oleh karena itu semuanya sepakat jangan sampai penyelenggaran Idul Adha ini kemudian menjadi klaster baru yang menambah semakin tingginya tingkat penularan. Semua ormas Islam merasa bertanggungjawab untuk mencoba mencegah itu," jelasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini