Peristiwa 18 Juli: Nelson Mandela Lahir, Hitler Terbitkan Buku

Tim Okezone, Okezone · Minggu 18 Juli 2021 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 337 2442352 peristiwa-18-juli-nelson-mandela-lahir-hitler-terbitkan-buku-3MYpEhBQ78.jpg Nelson Mandela (Foto : Reuters)

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 18 Juli setiap tahunnya. Beberapa di antaranya adalah kelahiran dari Nelson Mandela.

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 18 Juli dari Wikipedia, antara lain:

1. Kelahiran Nelson Mandela

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan, 18 Juli 1918 dan meninggal di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 pada umur 95 tahun.

Ia adalah seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial. Selaku nasionalis Afrika dan sosialis demokratik, ia menjabat sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1991 sampai 1997. Selain itu, Mandela pernah menjadi Sekretaris Jenderal Gerakan Non-Blok pada 1998 sampai 1999.

2. Ikatan Pelajar Muhammadiyah didirikan

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma'ruf nahi mungkar dikalangan remaja, berakidah Islam dan bersumber pada Al-Qur'an dan Al-Sunnah.

IPM berasaskan Pancasila dan memilki maksud dan tujuan sebagai organisasi remaja untuk terbentuknya Pelajar Muslim yang berilmu, berakhlaq mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam, sehingga terwujud masyarakat utama adil dan makmur yang diridhai Allah Subhanallahu Wa Ta'ala.

Baca Juga : Heroik dan Humanis, Ini Deretan Aksi Sosial Anggota TNI yang Menyentuh Hati

IPM memiliki lambang organisasi berupa segi lima berbentuk pena yang berwarna hijau yang berarti keabadian dan keilahian, bergambar matahari berwarna kuning melambangkan ortom Muhammadiyah dan keagungan dan buku ditengahnya berwarna putih melambangkan pengetahuan dan kesucian. Pada bulatan matahari terdapat tulisan Nuun Wal Qamali Wamaa Yasthuruun, demi pena dan apa yang dituliskannya yang merupakan semboyan IPM.

Sementara tulisan IPM sendiri berwarna merah yang berarti IPM berani secara aktif menyampaikan dakwah Islam, sebab IPM merupakan pelopor, pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah.

3. Hitler terbitkan buku manifesto politik

18 Juli 1925, Adolf Hitler menerbitkan buku manifesto politiknya, Mein Kampf. Buku ini ditulis Hitler saat berada dalam penjara setelah putsch yang gagal, pada 1923.

Dalam buku ini, ia menggambarkan berbicara tentang pandangannya atas Jerman masa depan. Ia juga menggambarkan rencana masa depannya untuk bangsa Yahudi. Saat ia naik ke puncak kekuasaan, pada 1933, ia mewujudkan beberapa isi buku itu, berakibat dalam Holocaust.

Buku ini tersedia bebas di kantor-kantor sipil selama masa pemerintahan Nazi di Jerman.

4. Bentuk galaksi Bimasakti diidentifikasi

18 Juli tahun 1785 , bentuk Galaksi Bimasakti atau Milky Way diidentifikasi oleh William Herschel, astronom Inggris. Bima Sakti adalah galaksi spiral yang besar termasuk dalam tipe Hubble SBbc dengan total massa sekitar {displaystyle 10^{12}}massa matahari, yang memiliki 200-400 miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya.

Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. Di dalam galaksi bimasakti terdapat sistem Tata Surya, yang di dalamnya terdapat planet Bumitempat kita tinggal. Diduga di pusat galaksi bersemayam lubang hitam (EN: black hole) supermasif.

Sagitarius A dianggap sebagai lokasi lubang hitam supermasif ini. Tata surya kita memerlukan waktu 225–250 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit, jadi telah 20–25 kali mengitari pusat galaksi dari sejak saat terbentuknya. Kecepatan orbit Tata Suryadalam Bima Sakti adalah 217 Km/s. (aky)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini