2.500 Orang Ikut Latihan Komcad Kemenhan, Ini Pesan KSAD

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 16 Juli 2021 23:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 337 2441958 2-500-orang-ikut-latihan-komcad-kemenhan-ini-pesan-ksad-Sn8co5gb7K.jpg KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa. (Foto: Youtube TNI AD)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan rapat terkait pelaksanaan program Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia, yaitu Pendidikan Komponen Cadangan (Komcad) TNI Angkatan Darat, bersama jajaran.

Kegiatan itu juga dilaksanakan bersama Dankodiklat TNI AD selaku perencana kurikulum untuk 2.500 peserta Komcad terpilih tahun 2021, dengan rencana lama pendidikan tiga bulan dan akan dilakukan di enam Kodam.

Baca juga: Wapres Ingin Komcad Jadi Garda Terdepan Cegah Paham Radikal

"Mari kita sukseskan program Komcad Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, jangan sampai kita kemudian mengecewakan yang memberikan kepercayaan dan ini harus dikontrol agar berjalan sesuai perencanaan," kata Andika, Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Komcad adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama. Komponen cadangan bersifat sukarela, yang mana penggunaan Komcad hanya pada saat mobilisasi oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Baca juga: Jubir Prabowo Klaim Hampir 10 Ribu Orang Daftar Komponen Cadangan

Andika menekankan untuk seluruh jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan program Komcad Kemhan RI agar merancanakan semuanya dengan baik, terstruktur, agar anggaran dana yang diberikan untuk program tersebut terserap dengan baik.

“Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga kepercayaan, jangan sampai kita kemudian tidak atau mengecewakan yang memberikan kepercayaan dan ini harus dikontrol,” tegas Andika.

Demi menyukseskan program tersebut, Kemhan RI juga memberikan dukungan anggaran dana dan kendaraan untuk digunakan para pelatih yang akan melaksanakan bimbingan kepada para peserta Komcad, seperti yang disampaikan oleh Dankodiklat TNI AD, Letjen TNI AM. Putranto,

"Mengucapkan terima kasih dan rasa bangga kepada bapak Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen TNI Purn Prabowo Subianto, kami telah menerima 25 unit sepeda motor trail yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran tugas dalam menyelenggarakan tugas pendidikan Komponen Cadangan yang saat ini tengah berlangsung terima kasih, salam Bela Negara “Komando," ujar Dankodiklat TNI AD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini