PPKM Darurat, Jokowi Larang Pembantunya Pergi ke Luar Negeri Kecuali Menlu

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 16 Juli 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 337 2441863 ppkm-darurat-jokowi-larang-pembantunya-pergi-ke-luar-negeri-kecuali-menlu-Iqr9IJzo0o.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan para pembantunya dilarang bepergian ke luar negeri kecuali Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Presiden Jokowi ingin para pembantunya memiliki sense of crisis di tengah PPKM Darurat seperti sekarang ini.

"Presiden telah menegaskan bahwa dalam PPKM Darurat ini tentunya sense of crisis seluruh kementerian/lembaga para pemimpin itu harus ada," kata Pramono dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (16/7/2021).

Karena itu, Kepala Negara melarang para pembantunya untuk pelesiran ke luar negeri kecuali Menlu. Namun, bila ada menteri yang terpaksa ke luar negeri karena tugas, harus mendapatkan izin langsung dari Presiden Jokowi.

"Untuk itu seluruh menteri kepala lembaga dilarang untuk bepergian ke luar negeri. Yang boleh bepergian ke luar negeri hanya Menteri Luar Negeri karrna memang sesuai dengan bidang tugasnya," ucap Pramono.

"Yang lainya kalau ada hal yang bersifat khusus harus mendapatkan izin secara langsung dari Bapak Presiden," tuturnya.

Baca Juga : Batalkan Vaksin Berbayar, Jokowi Tegaskan Vaksinasi Gotong-Royong Ditanggung Perusahaan

Sebelumnya diberitakan, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju terbang ke luar negeri di tengah PPKM Darurat.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini