Sejumlah Kasus Orang Tua yang Tega Membuang Anaknya

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 16 Juli 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 337 2441316 sejumlah-kasus-orang-tua-yang-tega-membuang-anaknya-2LeE641LWd.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Hingga saat ini masih sering didapatkan berbagai kasus penemuan anak yang dibuang oleh orang tuanya sendiri, yang tentunya mengejutkan masyarakat setempat.

Tindakan tidak bertanggung jawab oleh orang tua ini disebabkan oleh berbagai macam alasan dan kerap kali sang bayi ditemukan di tempat-tempat yang tidak layak, mulai dari kardus bekas, bak sampah, hingga semak-semak. Berikut berbagai kasus orang tua yang membuang anaknya sendiri:

1. Penemuan bayi di dalam kardus, Warga Setempat Terkejut

Junariah, pemilik warung yang berlokasi di Lebak, Banten menemukan seorang Bayi yang diletakkan di depan warung miliknya. Bayi yang ditemukan tersebut merupakan bayi yang masih memiliki tali pusar pada tubuhnya, mengindikasikan belum lamanya bayi tersebut dilahirkan.

Bayi tersebut diperkirakan masih berusia tujuh (7) jam pada saat diletakkan di depan warung Junariah tersebut. Kapolsek saat ini sedang menindaklanjuti penemuan bayi tersebut. Bayi yang terletak di dalam kardus minuman kemasan tersebut ditemukan dalam keadaan masih hidup dan sehat.

2. Bayi dibuang di Sulawesi Selatan, Diduga Akibat Latar Belakang Hubungan Gelap

 

Mapolsek Sulawesi Selatan menerima laporan dari warga setempat akan ditemukannya seorang bayi yang ditemukan di depan rumah salah satu warga, pada tanggal 20 Juni 2021 silam. Bayi tersebut pertama kali ditemukan warga dengan keadaan dibungkus sarung dan dalam kondisi lemas.

Saat ini bayi tersebut telah mendapatkan perawatan dari Puskesmas setempat dan berada dalam kondisi sehat, dan dirawat sementara oleh Kepala Desa. Mapolsek tengah menyelidiki lebih lanjut atas kasus ini, dengan dugaan sementara adalah bayi tersebut dibuang dikarenakan latar belakang hubungan gelap.

3. Ditinggalkan oleh orang tua, Bayi Laki-Laki ditemukan Terbungkus Sarung

Pemilik warung makan bernama Syarifah di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, menemukan bayi laki-laki terbungkus sarung di bawah meja makan warung miliknya (13/7/2021). Syarifah berinisiatif untuk langsung membawa bayi tersebut ke Puskesmas ketika melihat terdapat luka pada salah satu kaki bayi tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Puskesmas, luka tersebut merupakan hasil gesekan dan usia bayi tersebut terhitung 10 hari setelah dilahirkan. Dengan dugaan bayi tersebut ditinggalkan sengaja oleh orangtuanya, Syarifah berinisiatif untuk mengadopsi bayi tersebut jika tidak ada pihak yang mengakui kekerabatan dengan bayi tersebut.

4. Sesosok bayi Ditemukan menangis di Bak Sampah

 

Kejadian bayi yang diduga telah dibuang oleh orang tuanya terjadi di wilayah Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat pada hari Kamis (24/6/2021). Bayi berjenis kelamin perempuan yang dibuang oleh orang tua tidak bertanggung jawab ini awalnya ditemukan warga karena terdengar menangis.

Sang bayi langsung dievakuasi oleh warga ke Puskesmas Bukit Lawang untuk dirawat lebih lanjut. Bayi ini memerlukan perawatan khusus di inkubator, karena diduga lahir secara prematur dengan usia kandungan baru enam bulan. Sesuai dengan prosedur, bayi tersebut perlu ditunggu hingga stabil untuk selanjutnya dibawa ke panti penitipan anak terkait proses pengadopsian anak. Amira Karin Khairana/Litbang MPI. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini