Panglima TNI Siap Distribusikan Paket Obat Covid-19 Gratis dari Pemerintah

Tim Okezone, Okezone · Kamis 15 Juli 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 337 2441062 panglima-tni-siap-distribusikan-paket-obat-covid-19-gratis-dari-pemerintah-UoPe0N5KQP.jpg Presiden Jokowi bersama Panglima TNI saat peluncuran obat isoman.(Foto:Istimewa)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peluncuran paket obat dan vitamin untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar Virus Covid-19 di Istana Merdeka, Kamis (15/7/2021).

Pemerintah menyiapkan 300 ribu paket untuk masyarakat di wilayah Jawa-Bali seiring dengan penerapan (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Pemerintah mulai hari ini akan segera membagikan paket vitamin dan obat untuk isoman gratis di wilayah yang berisiko. Untuk tahap sekarang ini yang akan dibagikan adalah 300 ribu paket, untuk yang melakukan isolasi mandiri di Jawa-Bali," terang Presiden Jokowi.

Selain Jawa-Bali, pemerintah akan meneruskan pembagian paket obat dan vitamin ini untuk warga isoman di luar Pulau Jawa. Jumlahnya pun sama yakni sebesar 300 ribu. "Ada tiga jenis paket obat isoman yang kita bagikan masing-masing untuk tujuh hari," tuturnya.

Baca Juga: 3 Paket Obat untuk Warga Isoman, Jokowi: Tidak Boleh Diperjualbelikan!

Adapun paket obat dan vitamin tersebut terbagi dalam tiga jenis. Pertama, paket satu untuk warga dengan PCR positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG. Lalu paket dua untuk warga dengan PCR positif Covid-19 disertai keluhan demam dan kehilangan penciuman. Paket obat ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter.

Hari ini pemerintah akan membagikan paket obat gratis kepada warga positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Obat ini gratis dan akan didistribusikan oleh TNI.

Menyikapi hal tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa Presiden Jokowi telah memerintahkan TNI untuk mendistribusikan paket obat-obatan tersebut kepada masyarakat di wilayah Jawa dan Bali. Presiden meminta TNI memastikan obat-obatan tersebut sampai kepada tangan masyarakat yang membutuhkan.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini