Panglima TNI: Distribusi Paket Obat Warga Isoman Dilakukan Babinsa-Puskesmas

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 15 Juli 2021 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 337 2440965 panglima-tni-distribusi-paket-obat-warga-isoman-dilakukan-babinsa-puskesmas-fiEDxOGe2X.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.(Foto:Puspen TNI)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda), otoritas kesehatan dan Kepolisian dalam mendistribusikan tiga paket obat untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terpapar virus corona.

"Dalam distribusi 300 ribu paket tahap pertama ini para Babinsa akan didampingi oleh petugas dari Puskesmas maupun bidan desa di wilayah tersebut. Jajajaran kesehatan Kodam termasuk Kodim, Koramil dan Babinsa akan melaksanakan koordinasi dengan Pemda, Dinkes dan jajaran Kepolisian," kata Hadi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Presiden Joko Widodo, kata Hadi, telah memerintahkan TNI untuk mendistribusikan paket obat dan vitamin untuk warga yang sedang isoman di wilayah Jawa-Bali.

Baca Juga: 3 Paket Obat untuk Warga Isoman, Jokowi: Tidak Boleh Diperjualbelikan!

"Termasuk memastikab bahwa obat-obatan tersebut sampai kepada tangan masyarakat yang membutuhkan," jelas Hadi.

Paket obat dan vitamin tersebut terbagi dalam tiga jenis. Pertama, paket satu untuk warga dengan PCR positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG. Lalu paket dua untuk warga dengan PCR positif Covid-19 disertai keluhan demam dan kehilangan penciuman. Paket obat ini membutuhkan konsultasi dan resep dokter.

Kemudian paket tiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. Paket ini membutuhkan konsultasi dan resep dari dokter.

Untuk tahap awal pemerintah menyediakan 300 ribu paket obat dan vitamin untuk warga isoman di Jawa-Bali. Lalu pemerintah akan melanjutkan 300 ribu paket lagi untuk warga di luar Pulau Jawa-Bali. Obat-obat ini tidak boleh diperjualbelikan.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini