Kisah Gus Dur Ziarah ke Makam Surya Mesesa yang Pernah ke Madinah

Doddy Handoko , Okezone · Kamis 15 Juli 2021 08:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 337 2440866 kisah-gus-dur-ziarah-ke-makam-surya-mesesa-yang-pernah-ke-madinah-JVFfMJe9gB.jpg Gus Dur.(Foto:Dok Okezone)

KETUA UMUM PB NU Said Agil Siradj saat acara Milad Gus Dur menceritakan dirinya pernah diajak ziarah ke pedalaman Tasikmalaya, Panjulan. Gus Dur membawanya ke sebuah kuburan yang sepi. Untuk mencapai lokasi harus menyeberang sebuah situ.

Saat tiba, Gus Dur menuju sebuah makam. Saat ditanya Said Agil, siapa jenazah yang telah dikebumikan di tanah ini?

Gus Dur langsung menjawab. “Dia orang sakti. Dia mencari musuh agar dia bisa dikalahkan,” ujar Said Agil meniru ucapan Gus Dur.

Baca Juga: Ayam Masuk Makam Gus Dur Dibeli Jutaan Rupiah

Orang sakti yang dimaksud Gus Dur, ternyata bernama Surya Mesesa, seorang penyebar agama Islam di pulau Jawa. Gus Dur memberitahukan kepada Said Agil, mengapa Surya Mesesa bisa masuk Islam.

“Untuk mendapatkan musuh, Surya Memesa sampai ke Madinah, dan bertemu Syeikh Ali. Sama Syeikh Ali, Surya Mesesa disuruh mengangkat sebuah tongkat, dan tidak bisa. Karena itu, dia masuk Islam,” ujarnya.

Menurut Kang Said, panggilan akrab KH Said Aqil Siradj, Gus Dur memang gemar berziarah ke makam para ulama dan sesepuh.

Selain mendoakan mereka, dengan cara itu Gus Dur merangkai sejarah peristiwa yang terjadi beberapa ratus tahun yang lalu, yang bahkan tidak tertulis dalam buku-buku sejarah.

Namun ada yang yang menarik ketika Gus Dur berziarah kesuatu makam, kata Kang Said. Jika ada makam yang diziarahi Gus Dur, pasti kemudian makam itu ramai diziarahi orang. Gus Dur memang tidak hanya memberkahi orang yang hidup, tapi juga orang yang sudah meninggal.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini