Sejumlah Insiden Crane Jatuh di Dunia yang Menewaskan Banyak Orang

Tim Okezone, Okezone · Kamis 15 Juli 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 337 2440726 sejumlah-insiden-crane-jatuh-di-dunia-yang-menewaskan-banyak-orang-ggAvx9TLBP.jpg Kecelakaan kerja crane jatuh (foto: Dok Sindo)

JAKARTA - Derek jangkung atau crane merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengangkut benda ke atas. Biasanya, crane menjadi alat wajib yang ada dalam proyek pembangunan gedung hingga LRT. Namun, apa jadinya jika alat seberat puluhan ton itu jatuh? Berikut daftar kejadian jatuh di beberapa negara.

1. Kejadian Terbaru di Kanada

Sebuah crane jatuh di British Columbia, Kanada pada 12 Juli 2021. Kejadian ini lantas menewaskan 4 orang. Sementara, 1 orang lainnya dinyatakan hilang dan diprediksi turut tewas.

Crane jatuh ketika sedang dilakukan pembongkaran. Hal itu sangat mengejutkan dan mengakibatkan wilayah di sekitar tempat kejadian harus ditutup demi memudahkan proses evakuasi. Selain itu, beberapa gedung di sekitarnya juga berstatus darurat.

2. Kejadian di Jakarta

Insiden kali ini terjadi di Jakarta, pada 4 Februari 2018 lalu, pukul 5 pagi. Sebuah crane yang ada dalam pembangunan proyek double-double track di bilangan Jatinegara, Jakarta rubuh dan menewaskan 4 orang pekerja.

 crane

Kejadian berlangsung saat para pekerja tengah menaikkan bantalan rel, tentunya dengan bantuan crane. Saat bantalan rel berhasil dinaikkan, rupanya dudukannya ada pada posisi yang tidak seharusnyaa. Akibatnya, bantalan rel itu goyang dan menghantam pekerja di bawah. Kejadian itu sempat menghentikan berjalannya proyek selama beberapa waktu

3. Crane Jatuh di Seoul, Tewaskan Banyak Pekerja

Kecelakaan mengerikan ini terjadi di Seoul, Korea Selatan pada Mei 2017. Dilansir dari berbagai sumber, crane saling bertabrakan di galangan kapal yang ada di pelabuhan Geoje. Salah satu bagian crane seberat 32 ton jatuh dan menimpa para pekerja di bawahnya. Akibatnya, 6 orang tewas dan 25 orang lainnya luka.

4. Crane Timpa Rumah di Palembang

Kembali menilik kasus di Indonesia, crane dilaporkan jatuh di Palembang, Sumatera Selatan pada 1 Agustus 2017 pukul 03.30 WIB. Crane yang terdapat dalam pengerjaan LRT Palembang tersebut menimpa 2 rumah warga dan mengakibatkan kerusakan berat. Jatuhnya crane seberat 80 ton itu juga melukai 8 orang warga.

5. Crane Jatuh di Arab Saudi

Kondisi cuaca yang sedang tidak bersahabat, yakni hujan es dan angin kencang menyebabkan crane jatuh di Masjidil Haram. Kejadian itu terjadi pada September 2015 dan sangat menyita perhatian masyakat dunia. Sebab, detik-detik jatuhnya crane sempat terekam ponsel salah satu jamaah.

Musibah ini menelan korban tewas hingga 107 orang. Dari angka tersebut, 6 orang diantaranya adalah jamaah asal Indonesia. Sementara itu, 238 orang lainnya mengalami luka akibat tertimpa crane. Ajeng Wirachmi/Litbang MPI. (din)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini