Satgas Covid-19: Tingkat Kepatuhan Prokes Level Kecamatan di DKI Jakarta Masih Rendah

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 14 Juli 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 337 2440529 satgas-covid-19-tingkat-kepatuhan-prokes-level-kecamatan-di-dki-jakarta-masih-rendah-cDYsOakMc5.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan tingkat kepatuhan protokol kesehatan di wilayah DKI Jakarta khususnya di level Kecamatan masih tercatat rendah.

“Sekarang kita tengokin yuk yang ada di provinsi DKI Jakarta, karena bicara PPKM Darurat saya mengambil 7 provinsi Jawa dan Bali, mulai dari DKI Jakarta di sini bisa kita lihat bahwa menggunakan masker kabupaten kota hanya ada dua warna kuning sama hijau, berarti secara persentase diatas 75% gitu ya,” kata Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah secara virtual, Rabu (14/7/2021).

Dewi mengatakan ketika di break down ke level yang lebih rendah di kecamatan, terlihat sudah mulai dari titik oranye dan merah. “Levelnya sampai Kelurahan dan desa, merahnya jauh lebih banyak terlihat,” katanya.

Artinya, tingkat kepatuhan di level Kecamatan di DKI Jakarta masih rendah. “Nah sama dengan yang menjaga jarak ini bahkan jauh lebih terlihat, mungkin merahnya cuma satu saja nih. Kemudian di level Kecamatan, dia terlihat lebih banyak dan bukan hanya di wilayah merah saja ternyata tidak patuh tersebar tidak hanya di kabupaten kota yang punya nilai merah.”

“Nah, berarti kan kita melihat di sini bahwa di level Kecamatan juga masih ada kepatuhan-kepatuhan rendah itu tersebar. Jaga jarak kita bisa lihat merahnya lebih banyak lagi nih di level Kelurahan dan desanya,” kata Dewi.

Dewi pun mengungkapkan inilah gunanya pemetaan level mikro, sehingga bisa melihat jauh lebih lebih presisi lebih akurat untuk melihat daerah-daerah mana yang perlu ditingkatkan lagi kepatuhannya.

“Jadi kalau kita ambil kesimpulan untuk di DKI Jakarta dan ini pelaporannya kita evaluasi 2 cakupan pelaporan di DKI Jakarta dari total 267 Kelurahan dan desa, 222 ini sudah melaporkan dalam seminggu terakhir. Artinya data yang saya sampaikan sudah merepresentasikan 83,5% kondisi yang ada di DKI Jakarta,” papar Dewi.

Dewi mengatakan jika dilihat secara keseluruhan kepatuhan menggunakan masker masih ada sekitar 20,72% Kelurahan dan desa di DKI Jakarta yang kepatuhannya rendah. “Sedangkan untuk menjaga jarak ada 57%, beda lagi kan tadi cuma 20-an di level nasional. Di level provinsi untuk DKI Jakarta terdapat 57,2% Kelurahan atau setengahnya yang kepatuhan menjaga jaraknya masih rendah. Ini yang menjadi highlight kita semua.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini