Musnahkan 3,6 Ton Sabu, Dirjen PAS Tegaskan Dukung Pemberantasan Narkoba

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 14 Juli 2021 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 337 2440253 musnahkan-3-6-ton-sabu-dirjen-pas-tegaskan-dukung-pemberantasan-narkoba-17Fo94Fx3Y.jpg Dirjen PAS Kemenkumham Reynhard Silitonga (Foto: Ist/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA – Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Reynhard Silitonga menyatakan mendukung upaya-upaya dalam pemberantasan narkoba. Salah satunya dengan komitmen dan sinergi antar lembaga penegak hukum.

Demikian diungkapkan Reynhard Silitonga saat ikut menghadiri pemusnahan 3,629 ton barang bukti narkotika jenis metafetamin (sabu) di Lapangan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, pada Selasa (13/7/2021). Barbuk sabu tersebut merupakan hasil pengungkapan Polri.

"Semoga sinergi antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Polri, dan APH lainnya dapat terus terjalin dengan baik sebagai komitmen kita bersama untuk memberantas narkoba," kata Reynhard melalui keterangan resminya.

Baca Juga:  Selebgram Cantik Jessica Ditangkap, Terendus dari Dugem hingga Digerebek BNN di Vila Mewah

Menurut Reynhard, upaya pihaknya dalam memberantas narkoba telah tertuang dalam tiga kunci pemasyarakatan maju. Tiga kunci pemasyarakatan maju tersebut yaitu, deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban; pemberantasan peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan); serta sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Adapun, pemusnahan barang bukti sabu ini turut dihadiri Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Umum, Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kepala Divisi Humas Polri, dan Kepala Satuan Tugas Khusus Merah Putih.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya-upaya dalam pemberantasan narkoba. Pemberantasan narkoba tersebut, ditegaskan Agus, salah satu upaya dalam melindungi generasi muda.

"Terima kasih kepada seluruh unsur yang membantu mengungkap peredaran gelap narkoba ini. Hal ini merupakan upaya melindungi generasi muda bangsa Indonesia," kata Komjen Agus Andrianto.

Sekadar informasi, barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan sitaan dari tiga operasi penggagalan yang berbeda. Pertama, operasi penggagalan 1,3 ton sabu oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnaskoba) Bareskrim Polri dengan pelaku jaringan Timur Tengah-Indonesia. Pada operasi tersebut, berhasil diamankan 7 tersangka sindikat Aceh-Jakarta-Makassar.

Baca Juga:  Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Direhabilitasi, Polisi: Tetap Dibawa ke Pengadilan

Selanjutnya, operasi penggagalan 1,2 ton sabu oleh Satuan Tugas Khusus Merah Putih dengan pelaku jaringan Timur Tengah-Indonesia. Dari operasi tersebut diamankan 10 tersangka sindikat Aceh-Jakarta.

Terakhir, operasi penggagalan 1,129 ton sabu oleh Diresnarkoba Polda Metro Jaya terhadap jaringan Malaysia-Indonesia. Barang haram tersebut disita dari 6 tersangka sindikat Aceh-Jakarta.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini