Lantik Perwira TNI-Polri, Ini Pesan Presiden Jokowi

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 13 Juli 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 337 2439778 lantik-perwira-tni-polri-ini-pesan-presiden-jokowi-LrAHstuU61.jpg Foto: Tangkapan Layar/Sekretariat Presiden.

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini melantik 700 perwira TNI-Polri di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Jokowi mengatakan bahwa setiap perwira yang dilantik telah melalui proses seleksi yang kompetitif dan ketat termasuk juga telah melampaui gembelengan yang sangat berat.

“Bukan hanya bertujuan untuk membentuk ketahanan mental, kekuatan fisik serta kedisiplinan yang tinggi tapi juga sebagai wujud persatuan integarasi antara taruna akademi tni dan akademi kepolisian,” katanya, Selasa (13/7/2021).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Lantik 700 Perwira TNI/Polri Secara Virtual 

Dengan berbagai proses yang harus dilalui tersebut, Jokowi menyatakan bangga dapat melantik para perwira tersbeut.

“Saya tahu saudara saudari telah melawati berbagai ujian dengan disiplin ilmu sesuai dengan matra masing-masing. Menguasai teknik, menguasai taktik, menguasai keterampilan yang dibutuhkan, memiliki karakter yang tanggap, memiliki karakter yang tangguh, memiliki karakter kepemimpinan yang trengginas, yang menjadikan saudara sebagai putra putri terbaik bangsa Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Anugerahkan Bintang Adhi Makayasa Kepada Empat Lulusan Terbaik TNI-Polri

“Saya bangga bisa melantik saudara-saudara menjadi perwira remaja TNI dan Polri, menjadi calon pemimpin Indonesia masa depan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Jokowi mengingatkan bahwa persaingan dunia yang semakin ketat. Menurutnya kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Sehingga tanpa persatuan dan kesatuan Indonesia tidak akan memenangkan persaingan.

“Kita tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negeri. Keberagaman sosial dan budaya harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi. Seluruh komponen bangsa harus terus bersatu menjadi Indonesia incoporated yang kokoh bersaing dalam kompetisi global,” tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpesan agar para perwira TNI/Polri mampu menjalin sinergi dengan semua komponen organisasi pemerintahan.

“saya berpesan antar organisasi pemerintahan dan kenegaraan harus saling bersinergi dan saling mendukung. Antara TNI dan Polri dengan komponen bangsa yang lain harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi, antara anggota dan institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini