Presiden Jokowi: Ikhtiar Lahiriah Perlu Dibarengi Ikhtiar Batiniah

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 11 Juli 2021 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 11 337 2438930 presiden-jokowi-ikhtiar-lahiriah-perlu-dibarengi-ikhtiar-batiniah-vO4xDXYdHD.jpeg Presiden RI Joko Widodo. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa upaya-upaya fisik yang dilakukan untuk menghadapi pandemi Covid-19 juga perlu dibarengi dengan upaya batin berupa doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka kegiatan doa bersama #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia, Minggu (11/7/2021).

“Dalam menghadapi situasi sulit ini selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib melakukan ikhitar batiniah memanfatkan doa dan memohon pertolongan Allah SWT agar beban kita diringankan, agar rakyat, bangsa, dan negara juga dunia segera terbebas dari pendemi,” ujarnya.

BACA JUGA: Pimpin Prayfromhome, Jokowi : Semua Pihak Harus Kolaborasi untuk Mengatasi Ujian Covid-19 

Pada kesempatan itu Jokowi juga menyampaikan duka cita dan belasungkawa kepada para korban yang meninggal karena pandemi Covid-19. Jokowi meminta rakyat Indonesia untuk mengheningkan cipta dan mendoakan korban yang telah berpulang.

BACA JUGA: Jokowi Ajak Seluruh Masyarakat Gotong Royong Jadi Relawan Covid-19

“Kita doakan juga semua saudara yang terpapar Covid segera diberikan pulih kembali. Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan kepala mengheningkan cipta doa dari rumah kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi segera berakhir,” lanjutnya.

Menutup pidatonya, Presiden Jokowi kembali berpesan agar masyarakat tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah untuk memutus penyebaran virus corona. Menurut Jokowi, cara ini adalah salah satu bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan masyarakat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini