Tangkal Invasi dari Luar, Prabowo: Indonesia Butuh Ilmuan Berbakat

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 10 Juli 2021 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 337 2438542 tangkal-invasi-dari-luar-prabowo-indonesia-butuh-ilmuan-berbakat-cmJ6Rxld78.jpg Menhan Prabowo Subianto.(Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan, Indonesia butuh sosok ilmuan atau saintis yang dapat mencegah gangguan atau invasi dari luar.

Hal itu dikarenakan di zaman sekarang perang tidak lagi berupa fisik, melainkan sudah beralih ke ranah Iptek.

"Kalau sekarang kita bicara perang, kita bicara teknologi, Iptek adanya dari kampus. Kita butuh saintis, ilmuan, yang bisa memberi kepada kita teknologi untuk bisa kita siap menghadapi gangguan invasi dari luar, itu intinya," jelas Prabowo dalam sebuah webinar dikutip, Sabtu (10/7/3021).

Menurutnya, Iptek memang amat perlu didalami lantaran perkembangan zaman yang begitu cepat. Sebagai contoh, sambung Prabowo, telah banyak bahan baku pesawat terbang bulan lagi dari alumunium, melainkan komposit dan plastik.

Baca Juga: Belanja Alutsista Butuh Waktu Lama, Prabowo: Tak Bisa Buru-buru ke Supermarket Beli Alat Perang

"Sekarang pesawat terbang sudah bukan aluminium lagi, tapi dari komposit, ada juga yang dari plastik yang sangat keras, demikian juga ya kapal-kapal. Jadi itu ya kita sangat butuh," jelasnya.

Selain gangguan ancaman militer, Prabowo juga mengungkapkan adanya ancaman nirmiliter, yakni pandemi ataupun wabah. Oleh karena itu, Prabowo berharap suatu saat ilmuan atau dokter dari Indonesia dapat membuahkan inovasi sendiri.

"Ancaman non militernya itu antara lain yaitu wabah pandemi dan sebagainya yang masuk. Kita butuh dokter-dokter atau ahli farmasi. Kita harus bisa buat obat dan vaksin sendiri. Mudah-mudahan nanti ilmuan-ilmuan kita sudah bisa menghasilkan," ungkapnya.

(saz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini