Share

Kasus Covid-19 Melonjak, KSAD: Laporkan Segala Kebutuhan Alkes dan Nakes

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 09 Juli 2021 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 337 2438407 kasus-covid-19-melonjak-ksad-laporkan-segala-kebutuhan-alkes-dan-nakes-X36bDyjmG0.jpg KSAD Andika Perkasa. (Foto: TNI AD)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meminta kepada seluruh jajarannya untuk segera bergerak cepat dalam menangani kasus Covid-19 yang belakangan ini melonjak.

"Laporkan segala kebutuhan alat kesehatan maupun tenaga kesehatan yang menunjang penanganan Covid-19. Ini merupakan tanggung jawab bersama dalam menghadapi Covid-19 yang kembali meningkat," kata Andika dalam akun resmi media sosial TNI AD, Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Andika juga kembali mengadakan teleconference secara rutin dengan para Kepala Kesehatan Kodam, Kepala Rumah Sakit TNI AD, serta jajaran terkait untuk menerima informasi dan memberikan arahan dalam penanganan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, dilaporkan oleh Kepala RSPAD, Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya ketersediaan tempat tidur di RSPAD ditingkatkan menjadi 381 unit dengan penambahan rumah sakit lapangan.

Namun RSPAD meminta dukungan tambahan dokter umum karena banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

“Untuk tenaga dokter, untuk dokter umum, kami harus mempersiapkan tenaga pengganti. Jika dimungkinkan belum lama kemarin ada Sarcab untuk tenaga dokter, yang sudah penempatan di Batalyon pun, bisa kami rekrut kembali untuk menambah penguatan dokter umum di RSPAD," ujarmya.

Baca Juga : Di Depan Panglima, KSAD Sebut RSPAD Siap Beroperasi Rawat Pasien Covid-19

Merespon hal itu, Andika memberi instruksi kepada Aspers KSAD untuk melaporkan personel Sarcab untuk ditugaskan ke RSPAD.

“Oke nanti biar Aspers melaporkan berapa yang ditugaskan bisa kembali kesini, nanti kalaupun lebih tidak apa-apa, terima saja, agar pengaturan shift itu tidak terlalu panjang,” ujar Andika.

Ia juga menerima laporan dari Kepala Rumah Sakit Tingkat II Ridwan Meureksa dan Rumah Sakit Tingkat IV Cijantung, mengenai rencana konversi ruangan untuk pasien Covid-19, serta permintaan dukungan untuk melengkapi alat kesehatan maupun tenaga kesehatan.

Selain itu laporan juga diberikan Kepala Kesehatan Kodam III Siliwangi, Kepala Kesehatan Kodam IV Diponegoro, Kepala Kesehatan Kodam V, Brawijaya mengenai ketersediaan tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit yang terdapat di masing-masing daerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini