Panglima TNI: PPKM Strategi Tepat Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 09 Juli 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 337 2438176 panglima-tni-ppkm-strategi-tepat-memutus-mata-rantai-penularan-covid-19-AzsJ6GPItb.jpg Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Dok Puspen TNI)

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menilai, langkah pemerintah memberlakukan PPKM, baik mikro dan darurat sudah tepat dalam upaya memutus penularan Covid-19. 

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI ketika meninjau Pos Penyekatan PPKM Darurat bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Kepala BNPB Ganip Warsito di Desa Sawo Tratap, Kec. Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Panglima TNI Kerahkan Pasukan Bantu Jaga Penyekatan PPKM Darurat

"Langkah pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang sekarang beralih ke PPKM Darurat, ini sangat tepat dan merupakan strategi yang tepat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19," tutur Hadi dalam keterangannya.

Hadi menyampaikan salah satu contoh PPKM Darurat termasuk mikro, tujuannya adalah untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Menurutnya, jika PPKM Mikro berhasil, maka PPKM Darurat juga dapat dikatakan berhasil.

"Kalau mobilitas masyarakat bisa ditekan sampai dengan 50 persen maka kontak eratnya juga akan berkurang,” ujarnya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19, Ini Pesan Panglima TNI pada Nakes

Panglima TNI menjelaskan bahwa permasalahan pertama di hulu, yang di-tracing hanya bisa diperoleh 1 banding 1,06. Jadi, setiap 1 orang itu baru di-tracing 1 orang separuh tidak sampai 2 orang, sehingga petugas PPKM benar-benar harus berkoordinasi dengan baik. 

“Aturan WHO 1 banding 30 sehingga kita bisa memisahkan mana yang sehat, mana yang OTG dan mana terpapar Covid-19,” ungkapnya.

Hadi turut memberikan semangat kepada masyarakat yang sedang melaksanakan isolasi mandiri. Menurutnya, salah satu cara meningkatkan imun adalah berpikir positif. 

“Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan imun selalu berpikir positif dan tetap semangat,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini