PPKM Darurat, BPTJ Tegaskan Tak Ada Toleransi Syarat Penumpang Bus AKAP-AKDP

Komaruddin Bagja, Sindonews · Jum'at 09 Juli 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 337 2438036 ppkm-darurat-bptj-tegaskan-tak-ada-toleransi-syarat-penumpang-bus-akap-akdp-07F0Ip6wyu.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Polana B. Pramesti, menegaskan, empat Terminal Bus Tipe A di bawah pengelolaan BPTJ sepenuhnya siap mendukung pelaksanaan PPKM Darurat khususnya di wilayah Jabodetabek.

Polana menyebutkan, bahwa kepada masing-masing Kepala Terminal yaitu Terminal Jatijajar Depok, Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Porisplawad Tangerang dan Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan telah diinstruksikan agar melaksanakan Surat Edaran Menteri Perhubungan SE 43 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga:  Menag: Rumah Ibadah Wilayah PPKM Darurat & Zona Merah-Oranye Ditutup Sementara

Mengacu surat edaran tersebut maka mulai 5 sampai 20 Juli 2021 semua calon penumpang Bus antar-kota antarprovinsi (AKAP) dan antarokota dalam provinsi (AKDP) wajib menunjukkan sertifikat sudah divaksin (min dosis pertama) serta salah satu diantara RT-PCR dalam rentang 2 x24 jam sebelum perjalanan atau rapid test antigen 1 x 24 jam sebelum perjalanan.

"Saya sudah perintahkan agar pengawasan terhadap persyaratan ini diperketat, tidak boleh ada toleransi sama sekali,” tegas Polana di Jakarta, Jumat (9/7/2021).

Menurut Polana, untuk mendukung pengawasan tersebut BPTJ juga melibatkan berbagai stakeholder seperti kepolisian ataupun aparat setempat. Dari keempat terminal di bawah pengelolaan BPTJ tersebut menurut Polana, Terminal Jatijajar dan Terminal Poris Plawad paling banyak melayani AKAP dan AKDP.

Baca Juga:  MUI Tegaskan Ibadah Idul Adha Tak Dilarang, Hanya Dialihkan

Terdapat 86 PO di Terminal Poris Plawad yang melayani AKAP dengan rute sebagian besar ke Padang dan Madura sedangkan untuk AKDP di terminal ini terdapat 3 PO yang melayani dengan rute ke kota-kota sekitar Provinsi Banten.

Sementara itu untuk layanan AKAP di Terminal Jatijajar terdapat 48 PO dengan sebagian besar rute ke Jawa Tengah. Adapun rute AKDP di Terminal Jatijajar terdapat 9 PO yang melayani rute ke kota-kota di provinsi Jawa Barat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini