Said Aqil Minta Masyarakat Waspadai Varian Covid-19 Delta

Widya Michella, MNC Media · Jum'at 09 Juli 2021 02:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 337 2437844 said-aqil-minta-masyarakat-waspadai-varian-covid-19-delta-IvKi4j6MYt.jpg Ketum PBNU Said Aqil Siradj.

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengajak masyarakat, khususnya warga NU untuk mewaspadai varian delta Covid-19. Itu karena kata Said Aqil, menurut para ahli varian baru Covid-19 ini cepat menyebarnya dan sulit dideteksi.

"Memang Covid-19 varian yang sekarang ini, cepat sekali menular dibanding Covid yang pertama. Ini namanya Covid Delta yang datang dari India," kata Said Aqil dalam acara 'Doa Untuk Keselamatan Bangsa dari Waba' yang digelar secara virtual, Kamis (8/7/2021) malam.

Lebih lanjut, Said Aqil mengungkapkan akibat varian Delta Covid-19 mendadak menyerang saluran pernapasan bahkan langsung ke paru-paru tanpa diketahui gejalanya.

"Konon katanya diswab pun nggak ketahuan karena tidak berhenti dihidung tapi langsung ke paru-paru. Tidak seperti yang pertama (untuk virus Covid-19 dari Wuhan) langsung dihidung, di swab pun langsung ketahuan, oh ini ada Covid-19," ucapnya.

Adapun varian Delta Covid-19 ini, lanjut Said Aqil, kata dokter tidak berhenti di hidung maupun tenggorokan, langsung masuk ke paru-paru.

"Sehingga kadang-kadang, antigen nggak ada gunanya, swab pun kadang nggak ada gunanya untuk mengetahui ada Covid-19 atau tidak," papar Said Aqil.

Karena itu, Said Aqil berharap dengan adanya acara doa bersama untuk keselamatan bangsa dari wabah ini, Allah SWT memberikan rahmat kepada warganya.

"Terutama warga NU, wabilkhusus para ulama, para kiai, mudah-mudahan semuanya sehat walafiat," tutur Said Aqil.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini