Deretan Tokoh Penting Dunia yang Tewas Dibunuh

Tim Okezone, Okezone · Kamis 08 Juli 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 337 2437496 deretan-tokoh-penting-dunia-yang-tewas-dibunuh-rWw3PBORR3.jpg John F. Kennedy (foto: Reuters/JFK Library)

JAKARTA - Menjadi seorang tokoh yang sangat berpengaruh di negaranya, bahkan di dunia memang tak selalu mulus. Bahkan, terkadang harus berhadapan dengan maut akibat derasya arus persaingan dan kepentingan lainnya. Berikut adalah daftar tokoh penting di dunia yang meninggal dunia karena dibunuh.

1. John F. Kennedy

 

John Fitzgerald Kennedy atau JFK adalah presiden ke-35 Amerika Serikat yang menjabat pada 20 Januari 1961 hingga 22 November 1963. Kennedy belum sampai pada masa akhir jabatannya. Sebab, ia dibunuh dengan cara ditembak oleh seseorang yang tak dikenal. Kejadian ini berlangsung pada 22 November 1963 pukul 12:31 siang waktu setempat.

Baca juga:  Sisingamangaraja XII, Raja yang Pertahankan Tanah Batak hingga Titik Darah Terakhir

Kala itu, Kennedy berada dalam iring-iringan rombongan kepresidenan saat melakukan kunjungan ke Dallas, Amerika. Tiba-tiba, 2 butir peluru ditembakkan ke arahnya dan menyasar bagian kepala Kennedy. Beberapa saat kemudian, ia dinyatakan meninggal oleh tim dokter. Berdasarkan hasil penyelidikan, Kennedy dibunuh dengan senjata api milik Lee Harvey Oswald. Meskipun sudah terjadi 58 tahun lalu, namun tragedi itu masih dikenang oleh masyarakat Amerika, bahkan dunia hingga saat ini.

2. Jovenel Moise

Kabar duka datang dari Haiti. Sang presiden, Jovenel Moise tewas dibunuh pada Rabu (7/7/2021) sekitar pukul 1 dini hari di kediamannya. Hal tersebut disampaikan perdana menteri Haiti, Claude Joseph seperti dilansir dari Sindonews.com.

Baca juga: Menelusuri Jejak Rohana Kudus, Sang Jurnalis dan Pahlawan untuk Perempuan

Sekelompok orang marangsek masuk ke rumah presiden Moise dan melakukan penyerangan. Selain membunuh presiden, tindakan itu juga melukai ibu negara Martine Moise. Hingga kini, Martine masih menjalani perawatan akibat luka tembak. Sementara itu, penyelidikan tentang kasus ini masih terus berjalan.

3. Mahatma Gandhi

Gandhi dikenal sebagai pemimpin spiritual dan politikus asal India. Ia sangat lantang menyuarakan persatuan dan kerukunan antara umat Hindu dan Muslim di India, yang kala itu sering bertengkar. Selain itu, Gandhi juga pempimpin yang paling sering terlihat dan terlibat dalam gerakan tanpa kekerasan (non-kekerasan) demi mencapai kemerdekaan India. Sayangnya, ia ditembak oleh seorang penganut agama Hindu yang tergolong ekstrem pada 30 Januari 1948. Kematiannya itu masih menyisakan duka bagi masyarakat India.

4. Qassem Soleimani

Soleimani adalah seorang perwira tinggi atau Jenderal di Iran dan veteran dalam perang antara Irak dan Iran. Dapat dikatakan, ia merupakan sosok yang sangat dihormati dan dicintai warga Iran. Namun, ia tewas pada 3 Januari 2020 akibat sebuah serangan di Bandara Baghdad. Kala itu, serangan rudal mengantam bandara hingga menewaskan 8 orang. Kematiannya lantas menimbulkan banyak spekulasi. Beberapa pihak melihat adanya peran presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump dalam kejadian tersebut.

5. Rafik Hariri

Satu lagi tokoh dunia yang sengaja ‘dihilangkan’ adalah seorang pengusaha sukses dan mantan Perdana Menteri Libanon, Rafik Hariri. Ia tewas akibat serangan yang menghantam konvoi kendaraan yang ia tumpangi di Beirut. Kejadian itu terjadi pada 14 Februari 2005. Akibatnya, 23 orang tewas, termasuk Hariri. Hingga kini, belum diketahui secara pasti siapa pelakunya dan motif yang melatar belakangi tindakan ini. Namun, tim penyelidikan yang dibentuk PBB mengindikasikan adanya peran Suriah di dalamnya. Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini