Pemerintah Ungkap Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Jawa Bali

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 07 Juli 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 337 2436824 pemerintah-ungkap-lonjakan-kasus-covid-19-di-luar-jawa-bali-7s3CqmbXik.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA- Kasus harian virus corona (Covid-19) kembali memecahkan rekor. Kasus positif pada hari kemarin bertambah 31.189. Total kasus hingga saat ini mencapai 2.345.018 kasus. Besarnya kasus Covid-19 beberapa hari belakangan ini, membuat Pemerintah melakukan sejumlah langkah-langkah untuk mengantisipasi lonjakan.

(Baca juga: Covid-19 Mengganas, Puan: Pemerintah Harus Buat Terobosan Penanganan Pasien)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selain Jakarta, ada sejumlah lain di luar Pulau Jawa yang juga mengalami peningkatan kasus harian.

“Di beberapa daerah kasusnya terjadi peningkatan. Kita juga perlu perhatikan ketersediaan rumah sakit, di beberapa provinsi di atas 60. Lampung, Kep Riau, Kaltim, Papua Barat, Kalbar, Sumsel, Bengkulu dan Sumbar, ini menjadi perhatian dari pemerintah,” ujar Airlangga dalam jumpa pers, Rabu (7/7/2021).

(Baca juga: Hari Kelima PPKM Darurat, Polisi Buat Jalur Khusus Nakes di Penyekatan Lenteng Agung)

Menurut Airlangga, Pemerintah juga telah memberikan perhatian kepada daerah di luar Jawa Bali tersebut.

“Kita melihat ada kenaikan bervariasi yang menjadi perhatian pemerintah yang di highlight, yaitu Babel, Bengkulu, Kaltim, Kaltara, Lampung, Maluku Utara, Maluku, NTT, dan Papua Barat yang kenaikan relatif tinggi, kita lihat kasus aktif itu di luar Jawa Bali adalah Papua, Banten, Kaltim Kalteng, Riau dan Sumbar,”ujarnya.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga meminta kepala daerah agar mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Kami meminta gubernur, bupati wali kota untuk alokasikan anggaran DAU DBH 8 persen untuk kebutuhan pasien dan meningkatkan kapasitas rumah sakit di mana di luar jawa 20 persen diperuntukan untuk Covid. Kami akan monitor untuk ditingkatkan rumah sakit Covid kapasitasnya sebesar 40 persen,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini